Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/12/2023, 13:43 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Dekorasi Natal bisa membuat tampilan rumah saat Natal terlihat lebih cantik. Saat ini, jenis ornamen Natal sangat beragam yang bisa disesuaikan dengan interior rumah maupun konsep dekorasi Natal yang ingin dihadirkan.

Salah satu dekorasi Natal yang bisa dipilih yaitu dekorasi yang terbuat dari kertas. Ornamen Natal dari kertas bisa memberikan kesan vintage hingga modern.

Baca juga: 8 Ide Dekorasi Natal Berwarna Pink

Selain cantik, dekorasi Natal dari kertas juga ramah lingkungan karena mudah terurai. Dilansir dari Better Homes & Gardens, Senin (11/12/2023), berikut ini ide dekorasi Natal dari kertas yang bisa mempercantik rumah.

Ornamen Natal dua warna

ilustrasi dekorasi Natal yang terbuat dari kertasShutterstock/DVAO ilustrasi dekorasi Natal yang terbuat dari kertas

Ornamen Natal dua warna bisa memberikan semburat warna pada pohon Natal. Hiasan ini bisa terbuat dari kertas tisu yang dipotong lingkungan dan bagian tengahnya diikat dengan tali.

Dekorasi ini bisa dipasang di pohon Natal. Pasang lebih dari satu ornamen untuk memberikan kesan menyenangkan dan semarak.

Baca juga: 8 Ide Dekorasi Natal Vintage, Bisa Hadirkan Suasana yang Menyenangkan

Dekorasi berbentuk permen

Ide dekorasi Natal dari kertas lainnya adalah dekorasi berbentuk permen. Ornamen ini bisa memberikan kesan manis, seperti permen aslinya.

Untuk membuat hiasan ini, bungkus bola kapas dengan kertas tisu berwarna cerah. Selanjutnya, putar ujung kertas agar membentuk permen.

Gunakan pita atau pengait kawat untuk menggantung permen dari kertas di pohon Natal yang memberikan sentuhan manis pada dekorasi Natal.

Baca juga: 6 Cara Membuat Dekorasi Natal dan Liburan Terlihat Mewah

Kartu Natal

Jika masih menyimpan kartu Natal tahun lalu, maka kartu Natal tersebut bisa dimanfaatkan sebagai dekorasi pohon Natal.

Kartu Natal bisa dibentuk seperti bola. Caranya dengan membuat lingkaran dari kertas, kemudian gambar segitiga memanjang ke tepi bagian belakang.

Lalu, buat garis segitiga agar bisa dilipat. Setelah melipat lingkaran menjadi segitiga, rakatkan setiap segitiga menggunakan lem. Tambahkan tali untuk menggantung bola kerta di pohon Natal.

Payung koktail

Payung koktail juga menjadi salah satu ide dekorasi Natal dari kertas. Cara membuat payung koktail yaitu dengan melipat kertas secara berselang-seling, kemudian bentuk kertas berbentuk lingkaran dan tempelkan ujung kertas dengan lem.

Setelah itu, tambahkan hiasan seperti pom-pom, glitter, dan jingle bells di tengah lingkaran tersebut. Lalu, gantung di pohon Natal menggunakan tali.

Baca juga: 5 Ide Dekorasi Natal Modern yang Bisa Dicoba Tahun Ini

Tanaman poinsettia palsu

Tanaman poinsettia dari kertas yang bisa menjadi dekorasi NatalShutterstock/Oksana_Schmidt Tanaman poinsettia dari kertas yang bisa menjadi dekorasi Natal

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com