Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Cara Mengusir Hama dari Teras Rumah

Namun, kegembiraan dan kenyaman berkumpul bisa terganggu oleh kehadiran hama di teras seperti nyamuk, semut, kecoak, dan tawon. 

Beruntung, masalah hama di teras dan luar ruangan ini dapat diatasi dengan mudah. Dikutip dari Southern Living, Kamis (26/1/2023), berikut beberapa cara mengusir hama dari teras rumah. 

"Cobalah membatasi jumlah tanaman dan bunga di teras dan jangan menyiram tanaman dalam pot secara berlebihan," katanya.

"Untuk tanaman di teras, pastikan tanaman tersebut tidak terlalu dekat dengan pintu depan rumah. Dengan begitu, hama yang tinggal di tanaman tidak akan tergoda untuk masuk ke rumah." 

Hilangkan genangan air

Selanjutnya, cara mengusir hama dari teras rumah adalah menghilangkan genangai air. John Bell, mantan staf ahli entomologi di TruGreen di Orlando, Florida, Amerika Serikat, memperingatkan  genangan air yang dibiarkan selama berminggu-minggu di tutup tempat sampah dan ban bekas dapat menjadi tempat berkembang biak sempurna bagi nyamuk.

"Nyamuk hanya membutuhkan sumber air yang tidak terganggu selama beberapa minggu untuk berubah dari telur menjadi nyamuk dewasa yang menggigit.

Genangan air di fitur taman, seperti tempat mandi burung, harus dikosongkan atau diganti sesering mungkin untuk mencegah halaman menjadi tempat berkembang biak nyamuk. 

Bell memperingatkan keberhasilan lilin serai tergantung pada kedekatannya dengan orang yang ingin dilindungi, jumlah yang digunakan (semakin banyak, semakin baik), dan jenis serangga yang ingin dikendalikan.  

Beralih ke lampu LED

Menggunakan lampu LED dapat menjadi cara mengusir hama dari teras rumah. Hodges mengatakan pencahayaan juga membuat perbedaan untuk mengatasi masalah hama.

"Kebanyakan orang tahu bahwa lampu menarik serangga terbang. Semakin banyak cahaya, semakin banyak serangga." 

Namun, penelitian telah menunjukkan lampu LED menarik lebih sedikit serangga. Lampu LED menghasilkan lebih sedikit panas sehingga lebih sulit ditemukan oleh serangga yang tertarik pada sumber panas.

Karena itu, pertimbangkan mengganti pencahayaan di teras dengan lampu LED. Ini termasuk pencahayaan dekoratif seperti lampu kafe.

Hidges merekomendasikan mematikan lampu sebelum Anda tidur pada malam hari dan memperingatkan tidak boleh memasang perangkap sinar UV di teras karena dapat menarik lebih banyak serangga. 

"Lalat memakan bahan organik dan sangat pandai menemukan sumber makanan. Saat Anda memanggang di luar, pastikan menyimpan daging mentah di dalam ruangan sampai siap dipanggang," imbuh Hodges. 

Untuk alasan ini, ia juga menyarankan menyimpan tempat sampah jauh dari teras rumah. Ini juga menjadi salah satu cara mengusir hama dari teras rumah. 

Periksa dek dan beranda kayu

Hodges mengatakan jika memiliki beranda atau dek kayu, penting memeriksanya secara berkala karena kayu dapat menarik perhatian lebah dan semut kayu.

Selain itu, tawon suka membangun sarang di sana. "Jaga agar struktur Anda tetap tertutup rapat atau dicat agar kayu kurang menarik bagi lebah untuk bersarang," ujarnya.

Perbaiki atau singkirkan kayu yang sudah lapuk di teras atau dek dan periksa furnitur di sekitar sarang lebah. "Kayu yang membusuk adalah sarang ideal untuk semut rangrang dan hama lain yang tertarik pada kelembapan," ucapnya. 

Selain itu, tawon membangun sarang di bawah atap, pemanggang, bawah furnitur luar ruangan, dan bawah papan dek, jadi memeriksa area-area ini sebelum digunakan adalah cara  bagus mencegah tawon muncul di teras.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/01/26/162800376/6-cara-mengusir-hama-dari-teras-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke