Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Mendekorasi Teras Rumah dengan Tanaman Hias

Kompas.com - 29/06/2022, 19:44 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Ada berbagai macam cara meningkatkan tampilan teras rumah guna memberi kesan pertama yang positif kepada para tamu, salah satunya mendekorasinya dengan tanaman hias.

Selain membuat lebih berwarna, tanaman hias yang berbunga warna-warni dapat membuat teras terlihat lebih hidup dan berkarakter.

Baca juga: Simak, Tips Mudah Membersihkan Area Patio Berlantai Beton

Akan tetapi, menghadirkan tanaman hias sebagai dekorasi teras tidak bisa dilakukan secara sembarangan karena beberapa tanaman bisa mati jika kondisi atau posisi teras kurang tepat.

Dikutip dari Real Simple, Rabu (29/6/2022), berikut tips mendekorasi teras rumah dengan tanaman hias sembari menjaga tanaman tetap subur.  

Pilih area tanaman

Ilustrasi rumah kecil, ilustrasi halaman, ilustrasi teras rumah.SHUTTERSTOCK / SunflowerMomma Ilustrasi rumah kecil, ilustrasi halaman, ilustrasi teras rumah.

Kebanyakan orang memenuhi area tangga atau pintu masuk dengan pot tanaman. Namun, tergantung pada ukuran dan gaya teras, ada banyak pilihan lokasi untuk dipilih.

Kamu bisa menggantung tanaman dari tepian atap dan plafon atau meletakkan tanaman pakis berukuran besar atau pohon mini di sudut dekat area tempat duduk.

Baca juga: 5 Tips Menyegarkan Tampilan Teras Rumah agar Tampak Rapi dan Menarik

Pilih pot yang tepat

Saat memilih pot tanaman, pertimbangkan gaya rumah. Pot tanaman yang terlihat antik dan penuh hiasan akan terlihat aneh jika ditaruh di teras modern.

Landscape artist dan CEO Tilly Design, Blythe Yost, menambahkan ukuran pot juga penting dipertimbangkan.

“Semakin besar pot, semakin banyak volume tanah dan semakin besar peluang bagi tanaman untuk bertahan hidup tanpa mengering,” tutur Yost.

Hal ini terutama penting bagi pot tanaman gantung karena sangat rentan mengering akibat terkena udara dari semua sisi. 

Baca juga: Cara Merawat Tanaman Bunga Lily Calla agar Mekar Sepanjang Tahun

Hindari tanaman yang membutuhkan sinar matahari penuh

Ilustrasi teras rumah, ilustasi area pintu masuk rumah.SHUTTERSTOCK / Christopher Edwin Nuzzaco Ilustrasi teras rumah, ilustasi area pintu masuk rumah.

Untuk sebagian besar teras, tanaman akan berada di bawah naungan setidaknya selama setengah hari. Karena itu, tanaman yang membutuhkan sinar matahari penuh tidak akan tumbuh subur di teras. 

Jadi, perhatikan berapa banyak sinar matahari yang didapat pot tanaman sebelum mulai menanam.

Yost mengatakan, ada perbedaan antara bayangan cerah dan gelap. Dia menyarankan, memindahkan pot dari area pintu serta area di bawah atap teras jika memungkinkan ke lokasi yang mendapat sedikit sinar matahari.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com