Kompas.com - 28/06/2022, 11:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comPatio adalah sebuah area yang bisa dihadirkan di halaman rumah untuk dijadikan sebagai area bersantai atau menjamu tamu melalui kegiatan barbeku.

Mereka bisa dibuat dengan berbagai material, khususnya untuk lantai, mulai dari kayu hingga beton. Untuk beton sendiri, tentunya mereka lebih mudah untuk dirawat.

Baca juga: 7 Tips Menghias Patio dengan Tanaman Hias, Apa Saja?

Sebab, mereka tidak akan melengkung jika dibiarkan terkena air terlalu lama seperti kayu. Meski begitu, mereka perlu dirawat dengan baik agar tahan lama.

Ditambah lagi, seperti dilansir Better Homes & Gardens, Selasa (28/6/2022), patio berlantai beton juga bisa kotor karena banyak elemen yang dapat meninggalkan noda.

Ilustrasi patio berlantai beton.SHUTTERSTOCK / Artazum Ilustrasi patio berlantai beton.

Tentunya, hal tersebut dapat membuat tampilannya kurang menarik. Nah, ada cara mudah untuk membersihkan area patio berlantai beton, yakni sebagai berikut.

1. Persiapkan peralatan yang dibutuhkan

Ada beberapa peralatan pembersih yang perlu disiapkan, yakni sapu atau leaf blower, spons atau kain pel, terpal, sikat, selang, botol semprot atau ember, dan produk pembersih.

Kemudian alat pelindung diri seperti sarung tangan karet, kacamata pengamanan, dan respirator. Namun, ini tergantung kebutuhan berdasarkan metode pembersihan patio yang dipilih.

2. Singkirkan furnitur dan sapu lantai

Selanjutnya, singkirkan seluruh furnitur dari patio, mulai dari bangku, meja, pemanggang daging, hingga pot tanaman. Lakukan agar seluruh permukaan lantai bebas dari apa pun.

Baca juga: 7 Tips Menghadirkan Patio Minimalis di Halaman Rumah

Setelah itu, ambil sapu atau leaf blower untuk membersihkan debu, kotoran, atau dedaunan yang rontok. Saat melakukan ini, tutupi tanaman atau lansekap di sekitar patio dengan terpal sebagai pelindung.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.