Kompas.com - 29/06/2022, 17:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mesin cuci menjadi peralatan elektronik rumah tangga yang digunakan secara rutin. Hal ini membuat beberapa orang bertanya-tanya berapa lama usia penggunaan mesin cuci.

Dilansir dari Consumer Reports, Rabu (29/6/2022), beberapa orang melaporkan bahwa mesin cuci mereka perlu diperbaiki dalam tiga tahun pertama, sementara yang lain menyatakan mesin cuci mereka masih bertahan setelah 28 tahun. 

Baca juga: 6 Penyebab Mesin Pengering Mengeluarkan Suara Keras dan Berisik

Sebagian besar produsen mengatakan mesin cuci dapat bertahan setidaknya satu dekade. Namun, Consumer Reports (CR) melakukan survei pengalaman anggota CR dengan lebih dari 100 ribu mesin cuci dan 87 ribu pengering listrik dan gas yang dibeli antara 2011 serta 2021.

Hasilnya ditemukan sekitar 20 persen mesin cuci dan 16 persen pengering rusak atau berhenti bekerja sebagaimana mestinya dalam jangka waktu satu dekade. 

Namun, tak perlu khawatir, Anda masih bisa memperpanjang usia pemakaian mesin cuci dengan beberapa cara berikut ini. 

Baca juga: 6 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Mencuci di Mesin Cuci 

Cegah mesin cuci bergetar terlalu keras

Ilustrasi mesin cuci.PlanetCare/ Unsplash Ilustrasi mesin cuci.
Drum pada mesin cuci modern dapat berputar hingga 1.600 rpm. Untuk menjaga mesin cuci tidak bergetar berlebihan dan merusaknya, mesin cuci harus duduk tegak dengan kaki kokoh pada lantai.

“Jika mesin cuci goyah, gunakan sebuah tambahan pada salah permukaan kaki mesin cuci yang tidak seimbang,” kata Richard Handel yang menjalankan lab uji peralatan binatu CR. 

Baca juga: 4 Tips Mudah Membuat Mesin Cuci Lebih Tahan Lama  

Jangan berlebihan menggunakan detergen

Kelebihan busa membuat mesin cuci bekerja lebih keras, memicu siklus bilas ekstra, memperpanjang waktu mencuci, membuang energi, dan mengurangi usia penggunaan.

Gunakan detergen yang tepat dan jumlah yang direkomendasikan oleh manual mesin cuci. Mesin cuci keluaran terbaru menggunakan jauh lebih sedikit air daripada keluaran 15 tahun lalu.

Selain itu, detergen efisiensi tinggi (HE) yang menghasilkan lebih sedikit busa diformulasikan untuk bekerja dengan pemuat depan hemat air, pemuat atas HE, bahkan pemuat agitator tertentu. 

Baca juga: 4 Perawatan Mesin Cuci untuk Menjaganya Tetap Optimal dan Tahan Lama 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.