Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trik Mendekorasi Teras Kecil agar Tampak Cantik

Kompas.com - 17/12/2021, 19:37 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki teras di rumah bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan seperti menjadi ruang tamu di luar ruangan, tempat merawat tanaman hias, dan tempat berkumpul tambahan bersama keluarga. 

Melansir dari Beautiful Homes, Jumat (17/12/2021), apa pun desain teras yang dipilih, hal terpenting adalah memastikan furnitur yang digunakan ramah terhadap lingkungan luar ruangan seperti berbahan plastik, poliuretan, bahkan anyaman. 

Baca juga: Trik Memilih Tanaman untuk Teras dengan Sinar Matahari Naungan

Material kain tahan air adalah furnitur terbaik untuk diletakkan di teras, terutama untul bantal, bantalan kursi, bahkan kanopi yang digunakan untuk melindungi teras dari terik sinar matahari. Ditambah, furnitur kain ini relatif mudah dibersihkan dan membutuhkan perawatan minimum.

Selain itu, memasangan pencahayaan dengan ketinggian berbeda dapat memberikan cukup cahaya sehingga membuat teras lebih cantik.  

Baca juga: 7 Tanaman Gantung Populer untuk Diletakkan di Teras Rumah 

Tambahkan tanaman

Teras berukuran kecil akan memiliki nuansa teduh ketika diletakkan beberapa jenis tanaman. Tanaman dalam pot menjadi ide bagus untuk diletakkan di teras kecil.

Ini menambahkan sedikit warna dan memberikan perasaan nyaman secara keseluruhan ke ruang di sekitar teras.

Selain tanaman hias, tanaman herbal juga bisa menjadi pilihan. Bila ingin memiliki privasi di teras kecil, letakkan tanaman berukuran agak besar seperti lidah buaya serta lidah mertua. 

Baca juga: Benarkah Tanaman Sukulen Beracun untuk Anjing?

Letakkan tanaman dalam pot berukuran agak besar secara berdampingan sehingga dapat memberikan privasi. Selain itu, kedua tanaman ini akan menciptakan iklim mikro mereka sendiri sehingga membuat teras lebih teduh daripada area lainnya. 

Di samping itu, pemilihan furnitur untuk teras juga harus diperhatikan. Furnitur bernada kayu berwarna gelap cocok dipadukan dengan pelapis kain ringan yang didapatkan dari bantal kursi.

Selain itu, pilih furnitur dengan dimensi tidak terlalu besar sehingga dapat memberikan ruang di teras kecil. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com