Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tanaman yang Bisa Ditanam Menggunakan Media Tanam Air

Kompas.com - 17/12/2021, 15:00 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain menggunakan media tanam tanah, ternyata ada beberapa tanaman tertentu yang dapat menggunakan air sebagai media tanamanya.

Sama dengan tanah, air sebagai media tanam juga harus diperhatikan dengan menggantinya seminggu sekali atau sesuai dengan kebutuhan tanaman.

Lantas, tanaman apa saja yang dapat tumbuh menggunakan media tanam air?

Melansir dari Real Simple, Jumat (17/12/2021), berikut enam tanaman yang dapat ditanam menggunakan media tanam air. 

Baca juga: Tak Perlu Pot, Tanaman Herbal Bisa Ditanam di Cangkir Kopi dan Teh 

Tanaman herbal

Ilustrasi tanaman herbal.PIXABAY/OLGAOFDG Ilustrasi tanaman herbal.
Tanaman herbal dengan batang lunak apa pun hanya akan bertahan hidup di air. Sangat penting memotong dari batang hijau yang lembut, bukan batang kayu, untuk hasil terbaik.

Tanaman herbal dengan batang berkayu akan bertahan, tetapi batangnya cenderung lembek sebelum berakar.

Ambil potongan dari tanaman yang matang dan sehat, lalu letakkan di tempat cerah. Tanaman herbal membutuhkan banyak cahaya terang dan tidak langsung untuk berkembang. 

Baca juga: Benarkah Tanaman Sukulen Beracun untuk Anjing? 

Sayuran

Menanam kembali sisa sayuran seperti selada, daun bawang, dan wortel adalah cara  menyenangkan untuk menggunakan kembali bagian sayuran yang biasanya dibuang.

Simpan sekitar tiga inci bagian bawah sayuran dan letakkan pada mangkuk air yang dangkal. Potongan sayuran ini akan berakar dan mengeluarkan pertumbuhan baru dari pusat. 

Baca juga: Cara Merawat Tanaman Zebra, Tanaman Hias Indoor Berdaun Unik

Lucky bamboo

Ilustrasi tanaman hias lucky bamboo atau bamboo rejeki ditanam di dalam air.SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi tanaman hias lucky bamboo atau bamboo rejeki ditanam di dalam air.
Tanaman ini hampir secara eksklusif dijual dalam stoples air. Sebagian besar waktu, tanaman lucky bambo atau bambu keberuntungan ditahan oleh lapisan kerikil untuk membantu menstabilkan batang.

Hal yang perlu Anda lakukan adalah menambahkan air yang cukup untuk menutupi akarnya. Tanaman ini tidak membutuhkan pupuk, tetapi Anda dapat memberinya pupuk yang sangat encer setiap bulan. 

Baca juga: 5 Tips Menjauhkan Ayam dari Tanaman agar Tidak Rusak 

Pothos

Tanaman hias yang mudah tumbuh ini tumbuh subur di air. Pothos menghasilkan banyak auksin, hormon pada tanaman yang mengatur pertumbuhan dan membantu merangsang pertumbuhan akar.

Banyak pemilik tanaman hias mencampur stek pothos dengan batang lain yang ingin mereka perbanyak untuk mempercepat pertumbuhan.

Pothos juga merupakan tanaman merambat yang menghasilkan akar udara sehingga membuatnya lebih mudah dicabut. 

Hal yang dibutuhkan akar ini hanyalah paparan air untuk memiliki percepatan pertumbuhan. Hal yang sama juga berlaku untuk tanaman monstera, English ivy, dan hoya. 

Baca juga: 7 Jenis Tanaman Hias untuk Rumah Bergaya Bohemian 

Philodendron

Philodendron sangat mudah dirawat, termasuk jika kita ingin memilihnya sebagai tanaman hias yang bisa ditanam di air.UNSPLASH/JEANYN SANTIANO Philodendron sangat mudah dirawat, termasuk jika kita ingin memilihnya sebagai tanaman hias yang bisa ditanam di air.
Philodendron memiliki kebiasaan tumbuh merambat atau tegak. Varietas vining, termasuk heartleaf, Brasil, dan micans, dapat ditanam mirip dengan pothos dalam air.

Namun, pastikan harus memotongnya di bawah simpul daun untuk varietas tegak seperti putri merah muda, jeruk nipis, dan birkin sebelum memasukkannya ke media tanam air.  

Baca juga: 5 Penyebab Kegagalan Teknik Water Propagation pada Tanaman Air

Coleus

Tanaman dedaunan berwarna-warni ini berakar dengan cepat di dalam air. Ambil potongan enam inci dan lepaskan daun dari bagian bawah empat inci sebelum memasukkannya ke media tanama air.

Simpan pemotongan di tempat cerah dan beri pupuk setiap bulan untuk hasil terbaik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com