Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/03/2024, 13:12 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tarantula merupakan hewan eksotis yang dapat dipelihara di rumah. Memelihara tarantula di rumah bisa menjadi hobi yang menyenangkan. 

Selain menyenangkan, memelihara tarantula juga relatif mudah karena hewan eksotis ini tidak memerlukan banyak ruang dan relatif minim perawatan. 

Walaupun demikian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memelihara tarantula di rumah. Dilansir dari The Spruce Pets, Sabtu (30/3/2024), berikut cara merawat tarantula di rumah. 

Baca juga: Inilah Hewan Peliharaan Eksotis yang Bisa Dirawat di Ruangan Kecil

Memahami sifat dan karakter tarantula

ilustrasi tarantulaShutterstock/Gayleen Froese ilustrasi tarantula

Jika baru pertama kali memelihara tarantula, sebaiknya pilih tarantula rambut keriting. Tarantula jenis ini cenderung bergerak lambat, sehingga perawatannya lebih mudah. 

Sementara itu, tarantula pohon seperti tarantula jari kaki merah muda kurang cocok untuk pemula karena lincah dan perawatannya relatif sulit. 

Namun, secara umum tarantula merupakan hewan soliter. Tarantula juga umumnya jinak, namun tarantula akan menggigit jika merasa terancam dan gigitannya berbisa. 

Hal lain yang juga sering dikhawatirkan saat memelihara tarantula yaitu bulu kecil di perut hewan ini yang bisa menyebabkan iritasi di kulit. Jika tarantula merasa terancam, tarantula akan melepaskan bula tersebut dan masuk ke kulit, sehingga menyebabkan gatal serta iritasi. 

Baca juga: 7 Hewan Peliharaan Eksotis yang Cocok Dipelihara di Apartemen

Apalagi jika bulu tersebut masuk ke mata, maka bisa menyebabkan peradangan serius. Oleh karena itu, berhati-hatilah untuk tidak menggosok mata saat melakukan apapun dengan tarantula. 

Segeralah untuk mencuci tangan setelah bersentuhan dengan tarantula. Jauhkan juga tarantula dari anak-anak maupun hewan peliharaan lain. 

Meskipun mekanisme pertahanannya cukup sulit, namun perawatan hewan ini relatif mudah. Tarantula juga bisa menjadi pilihan jika ingin memelihara hewan yang pendiam dan tidak membutuhkan banyak perhatian. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com