Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Merawat Burung Lovebird agar Tumbuh Sehat dan Panjang Umur

Kompas.com - 15/04/2024, 17:38 WIB
Bella Nurmaya Putri,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Pet MD

JAKARTA, KOMPAS.com - Lovebird adalah burung kecil yang masuk dalam keluarga Psittaculidae dan termasuk dalam genus Agapornis, yang lebih dikenal dengan nama burung cinta atau love.

Lovebird dikenal sebagai burung cinta karena perilakunya yang terikat dan penuh kasih sayang terhadap pasangan atau anggota kelompoknya. 

Baca juga: 5 Fakta Menarik Burung Lovebird yang Diberikan Ganjar pada Cak Imin

Menurut Dr. Maria Zayas, dokter hewan di Amerika Serikat, burung lovebird dapat dipelihara sendiri atau berpasangan.

Jika memutuskan memelihara burung lovebird, Anda perlu berinteraksi dengannya setiap hari agar lovebird tetap sehat, baik mental maupun fisik, serta berumur panjang. 

Meski tidak terkenal karena kemampuan berbicaranya, burung lovebirs tetap aktif mengeluarkan suara merdunya, seperti kicauan, bersiul, dan bunyi-bunyian.

Biasanya, memelihara burung lovebird bersama pasangan atau dalam kelompok kecil daripada sendirian karena menggunakan suara untuk berkomunikasi satu sama lain.

Nah, dikutip dari Pet MD, Senin, (8/4/2024), berikut sejumlah cara merawat burung loverbird. 

Baca juga: 7 Fakta Menarik Burung Lovebird, Sangat Setia pada Pasangannya

Kandang yang nyaman

Ilustrasi burung lovebird.Shutterstock/apichon_tee Ilustrasi burung lovebird.
Menurut Zayas, seekor lovebird harus ditempatkan dalam kandang berbasis kawat minimal berukuran 18x18x24 sentimeter, sementara untuk burung lovebird yang berpasangan minimal 24x18x24 Sentimeter.

Jarak antara jeruji kandang juga minimali 12,7-20,32 sentimeter atau lebih kecil untuk mencegah burung melarikan diri atau bagian tubuh kecilnya terjebak.

Kandangnya juga harus cukup besar agar burung lovebird bisa terbang dan menggerakkan sayapnya sepenuhnya.

Sebaiknya, jangan menggunakan kandang yang terbuat dari kayu atau kawat galvanis karena bahan-bahan tersebut dapat mengandung bahan kimia beracun yang menyebabkan masalah kesehatan serius jika menelannya.

Pasanga beton, kayu, tali kepang, dan ranting alami untuk tempat bertengger burung lovebird di dalam kandang.  

Burung lovebird merasa nyaman dalam suhu berkisar antara 18,3-26,6 derajat Celsius. Tempatkan kandangnya di area rumah yang ramai agar burung dapat berinteraksi, tapi  hindari di dapur karena asap dan uap bisa berbahaya bagi lovebird. 

Letakkan kandangnya di tempat tinggi, terang, dan bebas angin. Hindari meletakan kandang burung lovebird di dekat AC atau tempat yang mudah dijangkau hewan peliharaan, seperti kucing dan anjing.

Pastikan juga semua bagian kandang dan mainan lovebird terbuat dari bahan yang aman, hindari penggunaan timbal, seng, cat berbahan dasar timbal, logam galvanis, atau bahan lain yang berisiko buruk untuk kesehatan lovebird jika tertelan. 

Baca juga: Kenali, Ini 5 Tanda Burung Lovebird Hamil

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com