Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/04/2024, 08:00 WIB
Bella Nurmaya Putri,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Pet Keen

JAKARTA, KOMPAS.com - Lovebird adalah burung kecil dari keluarga Psittaculidae atau Psittacidae yang populer sebagai hewan peliharaan di kalangan pencinta burung.

Burung lovebird memiliki penampilan indah dengan warna bulu cerah yang beragam, seperti kuning, hijau, dan biru. 

Baca juga: 5 Fakta Menarik Burung Lovebird yang Diberikan Ganjar pada Cak Imin

Selain itu, lovebird dikenal memiliki kicauan yang merdu, lincah, senang bersiul, serta dapat mempelajari berbagai trik dan perintah sederhana, menjadikannya burung peliharaan yang interaktif dan menghibur.

Lovebird juga memiliki kecenderungan kuat untuk membentuk ikatan erat dengan pasangannya. Burung lovebird sering ditemukan saling membersihkan bulu dan duduk berdekatan dengan pasangannya. 

Bonusnya, burung lovebird dapat hidup mencapai 15-18 tahun dan bisa bertahan lebih lama jika memiliki pasangan.

Namun, jika Anda ingin membiakkan burung lovebird, penting mengetahui perbedaan  kelamin antara lovebird jantan dan betina untuk memilih pasangan yang sesuai. 

Pasalnya, banyak pencinta burung sulit membedakan antara burung lovebird jantan dan betina, terlebih melihat dari tampilannya. 

Dengan mengetahui dan memahami perbedaan burung lovebird jantan dan betina, dapat memahami karakteristik khusus dari masing-masing dan mengakomodasi kebutuhannya lebih baik.

Dikutip dari Pet Keen, Minggu (14/4/2024), berikut sejumlah perbedaan burung lovebird jantan dan betina yang perlu diketahui. 

Baca juga: 7 Fakta Menarik Burung Lovebird, Sangat Setia pada Pasangannya

Spesies dimorfik

Ilustrasi burung lovebird.Shutterstock/apichon_tee Ilustrasi burung lovebird.
Di antara sembilan spesies lovebird yang berbeda, tiga di antaranya memiliki sifat dimorfik, yang berarti perbedaan warna bulunya dapat dengan jelas mengindikasikan apakah burung jantan atau betina.

Spesies lovebird yang dimorfik adalah lovebird Madagaskar, Red-faced, dan Abyssinian. Dalam spesies-spesies ini, burung lovebird jantan dan betina memiliki perbedaan warna sangat mencolok sehingga mudah dibedakan.

Lovebird Madagaskar jantan memiliki bulu tubuh berwarna hijau cerah dengan variasi warna kuning dan biru pada bagian sayap dan ekor. Bagian kepala berwarna merah cerah dengan bayangan oranye pada sisi-sisinya serta bagian dada dan perut cenderung berwarna kuning.

Lovebird Madagaskar betina memiliki bulu tubuh lebih pucat dan terang, warnanya cenderung lebih kekuningan daripada hijau mencolok. 

Baca juga: Kenali, Ini 5 Tanda Burung Lovebird Hamil

Warna merah pada kepala juga lebih lembut daripada jantan dan bayangan oranye pada sisi-sisinya kurang intens.

Sementara itu, burung lovebird Red-faced jantan memiliki bulu wajah yang mencolok dengan warna merah cerah yang menutupi dahi, dagu, dan pipi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com