Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/10/2022, 11:57 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Petkeen

JAKARTA, KOMPAS.com - Lovebird adalah satu jenis burung populer yang ada di dunia dan anggota terkecil dalam keluarga burung beo. 

Lovebird mempunyai tampilan yang cantik, warna bulu menarik, lincah, serta ceria. Selain itu, burung lovebird juga dikenal berisik alias senang bersiul meski tidak bisa menirukan suara manusia.  

Baca juga: 5 Tanda Burung Lovebird sedang Hamil

Tak heran, membuatnya mudah dicintai dan banyak dijadikan burung peliharaan. Ditambah, burung lovebird dapat hidup mencapai 15-18 tahun dan bisa bertahan lebih lama jika memiliki pasangan. 

Namun, soal tampilan, banyak pencinta burung yang sulit, bahkan tidak bisa, membedakan antara burung lovebird jantan dan betina, terlebih melihat dari tampilannya saja. Pasalnya, lovebird jantan dan betina tidak memiliki perbedaan warna. 

Cara membedakan lovebird jantan dan betina maupun burung lainnya memang sulit, bahkan beberapa burung memerlukan tes darah.

Untungnya, untuk mengetahui jenis kelamin burung lovebird bisa dilakukan di rumah dengan mengamati beberapa tanda. 

Dikutip dari Petkeen, Minggu (2/10/2022), berikut cara membedakan lovebird jantan dan betina.  

Baca juga: 4 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memelihara Lovebird

Spesies dimorfik

Ilustrasi burung lovebird.Shutterstock/Ward Poppe Ilustrasi burung lovebird.
Ada sembilan spesies lovebird yang berbeda. Ada tiga lovebird dimorfik dari sembilan spesies. Artinya, warna bulunya saja yang memberi tahu Anda apakah burung lovebird itu jantan atau betina.

Lovebird dimorfik, termasuk madagascar, red-faced, dan lovebird abyssinian. Pasangan jantan dan betina akan memiliki perbedaan warna yang drastis sehingga mustahil untuk dilewatkan.

Namun, enam spesies sejoli lainnya masih membutuhkan lebih banyak isyarat visual untuk menentukan jenis kelaminnya secara tepat. 

Baca juga: 3 Cara Membuat Lovebird Ngekek Panjang 

Tanda-tanda fisik pada lovebird

Meski tanda-tanda fisik tidak selalu menjadi metode yang mudah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjadi cara membedakan lovebird jantan dan betina. Namun, harap dicatat bahwa tanda-tanda ini hanya indikator, bukan kepastian. 

  • Bentuk kepala

Lovebird betina memiliki kepala sangat bulat dan proporsional dibanding tubuhnya, sedangkan lovebird jantan memiliki kepala lebih besar dan kurang melengkung daripada betina. 

  • Ukuran cincin

Ilustrasi burung lovebirds.PIXABAY/shawshank66 Ilustrasi burung lovebirds.
Lovebird betina umumnya memiliki cincin lebih besar di sekitar matanya daripada jantan. Ini tidak selalu merupakan pertanda karena setiap lovebird berbeda, tapi ini bisa menjadi awal yang baik. 

Baca juga: Ragam Manfaat Daun Salam untuk Lovebird dan Cara Mengolahnya

  • Paruh

Lovebird betina biasanya memiliki paruh lebih tebal dan lebar dibanding jantan. Jika  membandingkan keduanya secara berdampingan, dapat membedakannya.

  • Ukuran

Dalam kebanyakan kasus, burung lovebird jantan tampak lebih besar daripada betina. Namun, itu tidak benar dalam setiap kasus. Para profesional unggas setuju bahwa itu bisa menjadi sikap yang lebih daripada diferensiasi ukuran sebenarnya. 

Baca juga: Sebelum Memelihara, Simak Fakta-fakta Tentang Lovebird Berikut Ini 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com