Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Elemen Desain yang Harus Disiapkan Saat Membangun Rumah Impian

Kompas.com - 02/10/2022, 11:10 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Membangun rumah sendiri menjadi cara memperoleh rumah yang sesuai dengan impian mereka, baik dari segi desain atau gaya, dekorasi, ukuran, maupun material yang digunakan. 

Merancang atau membangun rumah impian juga memberi kesempatan memperoleh rumah yang sangat sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. 

Baca juga: 9 Keuntungan Menggunakan Jasa Arsitek untuk Membangun Rumah

Namun, meski telah memiliki ide desain dalam pikiran Anda, penting meninjau beberapa desain dasar yang penting sebelum memulai membangun rumah. 

Nah, berikut ini empat elemen desain yang harus direncanakan sebelum membangun rumah impian disadur dari My Decorative, Minggu (2/10/2022).

Mulai sederhana

Ilustrasi membangun rumah. SHUTTERSTOCK/KWANGMOOZAA Ilustrasi membangun rumah.
Saat berada di awal tahap perencanaan, jangan mencoba mengambil terlalu banyak pilihan desain atau gaya.

Meski mungkin membayangkan menggambar rendering 3D dari rumah baru pada beberapa perangkat lunak arsitektur mewah, hal yang dibutuhkan saat ini hanyalah beberapa kertas dan pensil. 

Baca juga: 4 Hal yang Harus Disiapkan Saat Membangun Rumah Impian, Apa Saja?

Mulailah membuat sketsa ide-ide Anda dan tuliskan setiap pemikiran yang muncul di benak serta buat daftar setiap fitur yang ingin disertakan di setiap ruangan.

Setelah ide dituangkan di atas kertas, Anda akan memiliki gagasan lebih jelas tentang apa yang diinginkan dan bagaimana mengomunikasikannya dengan tim desain lokal.

Pikirkan masa depan

Rumah baru yang ada rancang atau bangun akan menjadi tempat perlindungan selama jangka panjang. Karena itu, perlu memasukkan rencana-rencana masa depan saat membangun rumah.

Anda dapat memasukkan detail spesifik dalam desain untuk mengakomodasi segala sesuatu yang belum datang. Misalnya, bila berencana memiliki anak dan merawat orang tua yang sudah lanjut usia. 

Baca juga: 7 Lokasi yang Perlu Dihindari saat Ingin Membeli atau Membangun Rumah 

Semua skenario ini harus dipertimbangkan saat mendesain rumah baru. Namun, saat menentukan berapa banyak ruang yang dibutuhkan dan fitur apa yang harus disertakan di rumah baru, jangan lupa mempertimbangkan nilai pasar rumah Anda.

Rancang rumah Anda sedemikian rupa sehingga mudah direnovasi dan dipasarkan jika berencana menjualnya ke depan.

Maksimalkan properti

Ilustrasi rumah minimalisShutterstock/ppa Ilustrasi rumah minimalis
Jika sudah memiliki properti untuk rumah masa depan, gunakan ini untuk keuntungan Anda. Saat menyusun desain untuk rumah baru, manfaatkan lingkungan sekitar.

Misalnya, jika properti menghadap ke danau, sebaiknya pastikan salah satu ruangan menghadap ke area tersebut.  

Baca juga: 5 Fitur Keamanan yang Perlu Diterapkan Saat Membangun Rumah

Prioritaskan fitur terbaik

Setelah mencatat ide-ide, mulailah memprioritaskan semua fitur yang telah ditulis. Pastikan memprioritaskan bagian penting paling banyak dari desain Anda sehingga bisa mendapatkan fitur yang diinginkan.

Jangan hanya mempertimbangkan desain estetika saat merencanakan elemen penting. Hal-hal yang berguna seperti atap juga perlu direncanakan dan diprioritaskan dengan cermat. 

Jadikan rumah baru Anda seperti yang diinginkan dengan mengingat elemen desain ini. Dengan desain tepat, rumah impian akan menjadi properti sempurna dan sesuai dengan keinginan Anda selama ini. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com