Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Elemen Desain yang Harus Disiapkan Saat Membangun Rumah Impian

Merancang atau membangun rumah impian juga memberi kesempatan memperoleh rumah yang sangat sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. 

Namun, meski telah memiliki ide desain dalam pikiran Anda, penting meninjau beberapa desain dasar yang penting sebelum memulai membangun rumah. 

Nah, berikut ini empat elemen desain yang harus direncanakan sebelum membangun rumah impian disadur dari My Decorative, Minggu (2/10/2022).

Meski mungkin membayangkan menggambar rendering 3D dari rumah baru pada beberapa perangkat lunak arsitektur mewah, hal yang dibutuhkan saat ini hanyalah beberapa kertas dan pensil. 

Mulailah membuat sketsa ide-ide Anda dan tuliskan setiap pemikiran yang muncul di benak serta buat daftar setiap fitur yang ingin disertakan di setiap ruangan.

Setelah ide dituangkan di atas kertas, Anda akan memiliki gagasan lebih jelas tentang apa yang diinginkan dan bagaimana mengomunikasikannya dengan tim desain lokal.

Pikirkan masa depan

Rumah baru yang ada rancang atau bangun akan menjadi tempat perlindungan selama jangka panjang. Karena itu, perlu memasukkan rencana-rencana masa depan saat membangun rumah.

Anda dapat memasukkan detail spesifik dalam desain untuk mengakomodasi segala sesuatu yang belum datang. Misalnya, bila berencana memiliki anak dan merawat orang tua yang sudah lanjut usia. 

Semua skenario ini harus dipertimbangkan saat mendesain rumah baru. Namun, saat menentukan berapa banyak ruang yang dibutuhkan dan fitur apa yang harus disertakan di rumah baru, jangan lupa mempertimbangkan nilai pasar rumah Anda.

Rancang rumah Anda sedemikian rupa sehingga mudah direnovasi dan dipasarkan jika berencana menjualnya ke depan.

Misalnya, jika properti menghadap ke danau, sebaiknya pastikan salah satu ruangan menghadap ke area tersebut.  

Prioritaskan fitur terbaik

Setelah mencatat ide-ide, mulailah memprioritaskan semua fitur yang telah ditulis. Pastikan memprioritaskan bagian penting paling banyak dari desain Anda sehingga bisa mendapatkan fitur yang diinginkan.

Jangan hanya mempertimbangkan desain estetika saat merencanakan elemen penting. Hal-hal yang berguna seperti atap juga perlu direncanakan dan diprioritaskan dengan cermat. 

Jadikan rumah baru Anda seperti yang diinginkan dengan mengingat elemen desain ini. Dengan desain tepat, rumah impian akan menjadi properti sempurna dan sesuai dengan keinginan Anda selama ini. 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/10/02/111000876/4-elemen-desain-yang-harus-disiapkan-saat-membangun-rumah-impian

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke