Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Hal yang Harus Disiapkan Saat Membangun Rumah Impian, Apa Saja?

Kompas.com - 15/06/2022, 17:35 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap orang tentu memiliki rumah impian, yakni rumah yang ditata persis seperti yang mereka inginkan, dari ukuran, konsep model, tema, hingga material yang digunakan. 

Sayangnya, sebagian besar orang tidak mendapatkan rumah impian tersebut, kecuali membangunnya sendiri.  

Baca juga: 8 Cara Mudah Menghemat Pengeluaran Saat Membangun Rumah

Membangun rumah merupakan salah satu cara yang dilakukan orang untuk memperoleh rumah yang sesuai dengan impian mereka. Namun, ada beberapa hal yang perlu diketahui dan disiapkan sebelum membangun rumah impian.

Dikutip dari My Decorative, Rabu (15/6/2022), berikut beberapa hal yang harus disiapkan saat membangun rumah impian.

Dapatkan tanah

Ilustrasi membangun rumahSHUTTERSTOCK/Freedom Studio Ilustrasi membangun rumah
Untuk membangun rumah, Anda harus memiliki lahan atau tanah kosong. Idealnya, tanah harus berada di area yang Anda sukai, lahan cukup besar untuk mewujudkan rumah impian, serta memastikan tanah cocok untuk properti tempat tinggal.

Perlu diketahui, membangun rumah menghabiskan banyak uang sehingga harus  mendapatkan sebidang tanah dengan harga terjangkau. 

Baca juga: 5 Fitur Keamanan yang Perlu Diterapkan Saat Membangun Rumah 

Dapatkan dokumen diurutkan

Anda mungkin berpikir bahwa membangun rumah lebih mudah daripada membeli karena tidak banyak dokumen yang terlibat. Sayangnya, hal ini belum tentu benar.

Anda juga perlu menyortir dokumen saat membangun rumah, bahkan membutuhkan semua jenis izin. Namun, ini akan tergantung pada berbagai hal seperti di mana Anda akan membangun rumah serta ukuran rumah yang direncanakan untuk dibangun. 

Untuk itu, sebaiknya melihat beberapa undang-undang konstruksi sebelum mulai membangun rumah sehingga dapat memastikan bahwa Anda berada di jalur yang benar. 

Baca juga: 4 Hal yang Menyebabkan Biaya Membangun Rumah Jadi Membengkak

Siapkan rencana 

Ilustrasi membangun rumah. SHUTTERSTOCK/KWANGMOOZA Ilustrasi membangun rumah.
Meski sudah memiliki rencana di kepala, tetapi hal itu tidak sesederhana untuk mewujudkannya. Membuat rumah terlihat seperti yang Anda rencanakan membutuhkan seorang ahli untuk menyusun rencana tersebut

Hal ini karena perlu memastikan bahwa rumah secara struktural sehat dan semuanya terlihat seperti yang diinginkan.

Karena itu, mempekerjakan seorang arsitek adalah awal untuk membantu mewujudkan visi dan konsep yang dimiliki. 

Baca juga: 5 Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan Saat Membangun Rumah

 

Pekerjakan kontraktor

Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan saat membangun rumah, dari menyiapkan rencana, pekerjaan konstruksi, hingga hal-hal teknis seperti pipa ledeng, listrik, dan detail yang lebih halus seperti mendekorasi interior. 

Kemungkinan besar Anda tidak memiliki waktu atau keterampilan yang dibutuhkan untuk melakukan semua hal ini. Itulah sebabnya Anda perlu menyewa berbagai kontraktor untuk membantu mengerjakannya. 

Pastikan menyewa kontraktor tepercaya yang andal serta melakukan riset terlebih dulu tentang kontraktor tersebut agar proses membangun rumah bisa berjalan lancar. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com