Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Ide Mendekorasi Ruang Tamu Kecil dengan Prinsip Minimalis

Kompas.com - 15/06/2022, 15:15 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dengan kehidupan modern yang sibuk, pemilik rumah kini lebih sadar akan pilihan furnitur dan bertujuan menemukan keseimbangan antara minimalis yang ramping dan kenyamanan untuk ide ruang tamu mereka.

Namun, apa itu desain minimalis? Minimalisme berakar pada prinsip membersihkan rumah  dari kekacauan. Ini tentang memanfaatkan kekuatan ruang 'bersih' yang hanya menampilkan beberapa item yang berarti serta berharga. 

Dilansir dari Homes and Gardens, Rabu (15/6/2022), berikut cara mendekorasi ruang tamu kecil dengan menerapkan prinsip minimalis.  

Baca juga: 5 Desain untuk Mewujudkan Eksterior Rumah Minimalis

Gunakan warna netral

Ilustrasi ruang keluarga minimalisShutterstock/Photographee.eu Ilustrasi ruang keluarga minimalis
Dekorasi minimalis dan ide ruang tamu kecil berjalan beriringan, jadi sebaiknya menjaga pilihan warna tetap sederhana.

"Palet warna dan bahan yang dipilih juga dapat berdampak besar pada keseluruhan desain," kata Simon Tcherniak, desainer senior di Neville Johnson, Inggris. 

Kombinasi minimalis dari nada netral, nada yang diredam, dan sentuhan akhir kayu yang kaya akan menampilkan kesederhanaan yang akan tetap abadi. 

Baca juga: 8 Tips Mendesain Kamar Tidur Apartemen Bergaya Minimalis 

Skema warna monokrom

Ide cat ruang tamu hitam putih selalu terlihat cerdas. Skema dekorasi monokrom adalah pilihan minimalis yang membutuhkan unsur keberanian karena membutuhkan pengelihatan yang cermat dan mata desain yang kuat. 

Jenis interior ini juga bisa tampak datar jika Anda tidak memperkenalkan tekstur dan variasi nada yang halus. Namun, jika disatukan dengan hati-hati, ini adalah cara bagus untuk mempercantik ruang tamu minimalis.

Nada dan tekstur itu penting. Ingatlah bahwa interior monokrom paling sukses menggabungkan gerakan dan kedalaman dengan potongan tekstil untuk menciptakan skema minimal yang hangat serta mengundang. 

Baca juga: 6 Kesalahan Saat Mendekorasi Rumah Minimalis, Bikin Tidak Nyaman

Gunakan ornamen yang terbatas

Ilustrasi ruang keluarga bergaya minimalis.Shutterstock/Photographee.eu Ilustrasi ruang keluarga bergaya minimalis.
Ruang tamu modern abad pertengahan sangat populer di kalangan penggemar minimalis. Dicirikan oleh garis lurus yang bersih dan lekukan organik yang mengalir, gaya abad pertengahan dan minimalis saling melengkapi dengan indah.

Kesederhanaan dalam desain dan gaya adalah kuncinya, bersama dengan kurangnya ornamen dan palet warna yang terbatas. 

Baca juga: 7 Tips Menghadirkan Patio Minimalis di Halaman Rumah

Gunakan tekstur di dalam ruangan

Jika merasa tidak bisa menggunakan tekstur di ruang tamu minimalis, pikirkan lagi. Rangkullah minimalis hangat dengan memperkenalkan perabotan mewah yang dipadukan dengan furnitur ramping untuk nuansa nyaman yang tetap terasa kontemporer.

"Pelapisan bahan, warna, dan bentuk semuanya memberi interior Anda tekstur keseluruhan yang dapat menentukan tampilan dan nuansa ruang," ucap Martin Waller, salah satu pendiri Andrew Martin Home Decor.

Permukaan mengkilap seperti krom yang dipoles, marmer mengkilap, dan kulit halus,  memberikan ruangan penampilan yang ramping serta modern. 

Baca juga: 7 Ide Menciptakan Kamar Mandi Minimalis

Aplikasikan gaya Skandinavia

Ilustrasi ruang tamu bergaya SkandinaviaShutterstock/LEKSTOCK 3D Ilustrasi ruang tamu bergaya Skandinavia
Gaya Skandinavia telah menjadi bahan pokok desain konvensional yang ada di mana-mana, diproduksi secara massal, dan ditafsirkan ulang tanpa henti.

Namun, dalam bentuk aslinya, estetika Nordik yang bersih tidak pernah kehilangan daya tariknya. Untuk tetap setia pada dasar-dasar Nordik, pilih bentuk yang dibuat dengan indah, bahan alami, dan palet warna murni. 

Baca juga: 4 Tips Menciptakan Dapur Minimalis yang Bebas Berantakan

Inti dari tampilannya terletak pada garis-garisnya yang bersih, bentuk yang berulang, dan minimalis yang lembut untuk menjadi tajam tanpa terasa mencolok.

Pertimbangkan apakah setiap elemen penting dan singkirkan yang tidak penting. Minimalisme ternyata bukan hanya tentang benda, tetapi juga pola pikir yang membantu Anda melepaskan hal-hal tidak penting.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com