Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/06/2022, 21:10 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.comKamar mandi minimalis bisa menjadi pilihan bagi orang-orang yang menyukai tampilan sederhana, rapi, bersih, dan praktis.

Sebab, gaya minimalis membuat orang-orang lebih memprioritaskan tampilan ruangan yang cerah dan memiliki sedikit barang. Gaya minimalis bisa diterapkan di berbagai ruangan di rumah, termasuk kamar mandi. 

Bila tertarik menerapkannya di rumah, ada beberapa ide menciptakan kamar mandi minimalis yang bisa dijadikan referensi seperti disadur dari The Spruce, Senin (6/6/2022).

Baca juga: 8 Tips Mudah Menciptakan Kamar Mandi Bergaya Minimalis 

Mencampurkan penggunaan logam

Ilustrasi kamar mandi minimalis.Shutterstock/onzon Ilustrasi kamar mandi minimalis.
Kathy Kuo, desainer interior dan CEO di Kathy Kuo Home, mengungkapkan salah satu cara tercepat meningkatkan tampilan kamar mandi sembari menjaganya tetap minimal adalah meningkatkan titik fokus seperti pipa ledeng atau pencahayaan.

Menurutnya Kuo, detail ini mudah diperbarui dan membuat perbedaan pada kamar mandi. Kamu bisa mencampurkan penggunaan logam dengan cermin pada area wastafel untuk membuat kamar mandi terlihat lebih menarik.

Pencahayaan yang sederhana

Sering kali kamar mandi dipenuhi cermin. Jadi, penting memilih pencahayaan yang tepat untuk mempertahankan nuansa mewah dan tenang.

Lampu gantung sederhana dengan lampu jenis sconce di area meja rias merupakan pilihan sempurna dari perspektif desain dan fungsionalitas,” jelas Kuo.

Baca juga: 3 Elemen Wajib yang Perlu Diterapkan di Rumah Minimalis

Menggunakan wastafel kotak

Lead interior designer dari Trendey, Andra DelMonico, menyarankan menggunakan wastafel putih berbentuk kotak untuk menciptakan titik fokus yang terlihat minimalis.

Garis lurus dan sudut 90 derajat yang tajam akan memberikan kesan modern, tetapi sederhana pada kamar mandi.

“Untuk kamar mandi yang lebih kecil, wastafel compact berukuran kecil dan berbentuk persegi dapat digunakan agar tidak memakan banyak ruang di meja,” tutur DelMonico.

Untuk kamar mandi yang lebih besar, gunakan wastafel berukuran persegi panjang untuk memberi lebih banyak ruang wastafel. 

Baca juga: Ragam Manfaat Menjalani Gaya Hidup Minimalis, Hemat Uang dan Ruang 

Shower terbuka

Ilustrasi kamar mandi minimalis.SHUTTERSTOCK / ImageFlow Ilustrasi kamar mandi minimalis.
Untuk kamar mandi minimalis, pilih area shower yang terbuka. Artinya, kamar mandi tidak perlu dilengkapi bathtub, tirai, atau penutup shower lainnya.

Namun, shower terbuka dapat membuat beberapa orang kedinginan. Sebagai alternatif, tambahkan panel kaca di area shower agar suhu panas tidak menyebar ke seluruh ruangan. 

Baca juga: Mengenal Gaya Hidup Minimalis yang Bikin Lebih Bahagia dan Nyaman

Miliki elemen alami

Tidak dapat dipungkiri beberapa orang kurang cocok dengan gaya minimalis karena dapat membuat rumah terasa dingin dan hampa. Akan tetapi, gaya minimalis dapat dibuat terasa hangat melalui elemen alami seperti kayu.

DelMonico menyarankan memilih kayu yang indah dan tahan lama untuk kamar mandi minimalis seperti bambu atau kayu keras.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com