Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Hal yang Harus Ada di Ruang Makan, Apa Saja?

Kompas.com - 31/03/2024, 19:20 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang makan merupakan ruangan yang perlu dibuat nyaman. Sebab ruangan ini digunakan untuk berbagai aktivitas mulai dari menyantap hidangan, berkumpul bersama keluarga, bekerja, dan berbagai aktivitas lain. 

Selain dibuat nyaman dan fungsional, ruang makan juga harus didekorasi dengan cantik agar membuat rumah terlihat lebih menarik. 

Untuk membuat ruang makan fungsional dan menarik, ada beberapa hal yang harus ditempatkan di ruangan ini. Dilansir dari Cuura Space, Minggu (31/3/2024), berikut beberapa hal yang harus ada di ruang makan

Baca juga: 6 Ide Ruang Makan Bergaya Bohemian yang Cantik dan Anggun

Meja makan

Ilustrasi meja makan.Shutterstock/ben bryant Ilustrasi meja makan.

Meja makan adalah area utama di ruang makan. Selain digunakan untuk makan, area ini juga bisa digunakan untuk tempat berkumpul bersama keluarga, bekerja, belajar, dan lain sebagainya. 

Maka dari itu, meja makan harus ada di ruang makan. Saat memilih meja makan, penting untuk memikirkan ukuran ruangan dan jumlah anggota keluarga yang biasanya menggunakan ruangan tersebut. 

Selain itu, pilih bentuk meja yang sesuai dengan tampilan ruangan, seperti meja makan persegi, persegi panjang, bulat, atau lonjong. Perhatikan juga materialnya, pilih meja makan yang terbuat dari material berkualitas dan sesuai dengan gaya interior ruangan. 

Baca juga: 5 Cara Mendekorasi Meja Makan dengan Benar Menurut Ahli

Kursi makan

Selain meja makan, hal lain yang juga harus ada di ruang makan yaitu kursi makan. Furnitur ini akan melengkapi meja makan, sehingga membuat ruang makan semakin nyaman. 

Saat memilih kursi makan, pertimbangkan ukuran meja dan jumlah anggota keluarga yang menggunakan ruangan tersebut, sehingga kursi makan yang dipilih sesuai dengan kebutuhan. 

Kursi berlapis kain bisa menjadi pilihan untuk melengkapi meja makan karena nyaman dan membuat ruang makan lebih elegan. Kursi makan berlapis kain memiliki banyak pilihan warna, pola, dan material, sehingga bisa disesuaikan dengan dekorasi ruangan. 

Namun, penting untuk dipertimbangkan bahwa kursi berlapis kain membutuhkan perawatan rutin agar bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. 

Baca juga: 7 Cara Memilih Kursi Makan yang Tepat

Taplak meja

Selanjutnya, hal yang harus ada di ruang makan yaitu taplak meja atau alas piring. Taplak meja berguna untuk melindungi meja makan dari noda dan kotoran. 

Selain itu, taplak meja juga membuat meja makan terlihat lebih elegan. Maka dari itu, sebaiknya pilih taplak meja yang estetik sesuai dengan konsep interior ruangan. 

Alat makan

Ilustrasi meja makan berdesain rustic.UNSPLASH/CONSTANTIN PANAGOPOULOS Ilustrasi meja makan berdesain rustic.

Benda yang juga harus ada di ruang makan yaitu alat makan seperti piring, gelas, sendok, dan garpu. Perlengkapan makan membuat ruang makan lebih fungsional. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com