Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/01/2024, 12:16 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber The Spruce


JAKARTA, KOMPAS.com - Pergantian tahun biasanya diikuti dengan pergantian tren desain interior rumah. Perubahan tren tersebut bisa terjadi di berbagai ruangan, tak terkecuali tren ruang makan.

Ruang makan formal dan desain tradisional diprediksi akan kembali tren di tahun ini. Akan tetapi, tren ruang makan formal dan tradisional ini memiliki sentuhan segar dan fungsional.

Dikutip dari The Spruce, Senin (15/1/2024), berikut ini tren ruang makan 2024 yang menarik dan tetap fungsional.

Baca juga: 5 Ide Dekorasi Ruang Makan Minimalis dan Fungsional

Mengutamakan pencahayaan

Ilustrasi ruang makan kecil, ruang makan sempit. SHUTTERSTOCK/MAMA_MIA Ilustrasi ruang makan kecil, ruang makan sempit.

Desain ruang makan 2024 diprediksi lebih mengutamakan pencahayaan. Pencahayaan yang mencolok akan menciptakan titik fokus dramatis di ruang makan tersebut.

Salah satu cara membuat pencahayaan mencolok yaitu dengan menggunakan lampu gantung berukuran besar hingga liontin yang dibuat khusus. Tak hanya berguna sebagai penerangan, lampu tersebut juga membuat ruang makan lebih menarik.

Pilih warna yang berani dan mencolok

Tren ruang makan 2024 lainnya yaitu menggunakan cat berwarna berani dan mencolok Warna permata akan memberikan kesan dramatis di dalam ruangan.

Warna biru tua, hijau zamrud, dan warna berry bisa dipilih dan dipadukan dengan aksen metalik dan kain yang mewah untuk membuat ruang makan lebih elegan.

Baca juga: 5 Ide Dekorasi Ruang Makan Modern Abad Pertengahan

Memasang hiasan dinding

Hiasan dinding seperti wallpaper, panel dinding, fitur batu, dan ornamen dekorasi dinding lain juga bisa diterapkan di ruang makan.

Hiasan dinding akan membuat ruang makan lebih ceria dan menarik. Gunakan warna berani, pola bunga, tekstur, dan bahan alami agar ruang tamu terasa lebih segar.

Kursi makan berlapis kain

Kursi makan berlapis kain juga diprediksi akan menjadi tren ruang makan 2024. Megan Molten, seorang desainer interior mengatakan bahwa kursi makan berlapis kain akan membuat suasana ruang makan lebih menyenangkan.

Sementara itu, desainer interior Jaimie Belew menyebutkan kursi makan berlapis kain dengan tekstur dan pola yang bervariasi bisa menghadirkan kedalaman dan karakter di ruang makan.

Baca juga: 7 Ide Mendekorasi Ruang Makan Bernuansa Hitam

Ruang makan multifungsi

Ilustrasi ruang makanShutterstock/Pixel-Shot Ilustrasi ruang makan

Ruang makan berkonsep terbuka diprediksi akan kembali muncul di tahun ini. Namun, para ahli desain interior memperkirakan bahwa di tahun ini, ruang makan akan lebih multifungsi.

Artinya, ruang makan tak hanya digunakan untuk menyantap hidangan, namun digunakan juga untuk aktivitas lain.

Maka dari itu, tambahkan piano, rak buku, atau tempat duduk santai di ruang makan agar area tersebut bisa digunakan untuk berbagai aktivitas.

Bre Hance, desainer utama InHance di Los Angeles mengatakan ruang makan multifungsi akan terasa seperti lobi hotel mewah yang nyaman dan menarik.

Baca juga: 5 Cara Menambah Tempat Penyimpanan di Ruang Makan Kecil

Membuat ruangan lebih fungsional

Terakhir, tren ruang makan 2024 yaitu membuat ruang makan lebih fungsional. Cara membuat ruang makan fungsional bisa dengan menggunakan meja yang panjangnya bisa disesuaikan, lemari built-in untuk penyimpanan tambahan, atau kursi serbaguna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com