Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Makanan Ini Dapat Menarik Tikus di Rumah, Apa Saja?

Kompas.com - 05/04/2024, 08:08 WIB
Bella Nurmaya Putri,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Best Life

JAKARTA, KOMPAS.com - Tikus adalah hewan adaptif dan dapat ditemui di berbagai lingkungan, termasuk di dalam rumah.

Sebagai hewan omnivora, tikus dapat mengonsumsi berbagai jenis makanan, baik nabati maupun hewani. Makanan kesukaan tikus dapat bervariasi, tergantung pada kondisi lingkungan. 

Baca juga: 6 Area di Rumah yang Sering Menjadi Persembunyian Tikus

Tikus di perkotaan mungkin lebih sering mendapatkan akses ke sisa makanan manusia, seperti buah-buahan, sayuran, dan makanan olahan lainnya.

Tikus cenderung tertarik pada makanan yang mudah dijangkau dan berbau kuat. Selain itu, tikus dapat tergoda oleh makanan yang terbuang atau dibiarkan terbuka tanpa pengawasan.

Dikutip dari Best Life, Jumat, (5/4/2024), berikut sejumlah makanan yang dapat menarik tikus muncul di rumah

Cokelat

Ilustrasi cokelat.Dok. Unsplash/Towfiqu barbhuiya Ilustrasi cokelat.
Cokelat menjadi salah satu camilan favorit beberapa orang. Coklat juga menjadi makanan kesukaan tikus dan dapat menariknya muncul di rumah-rumah. 

Maka itu, penting menyimpan coklat dengan baik dan ditempat aman yang tidak bisa dijangkau tikus. 

Timothy Best, Manajer Teknis dari Terminix, mengatakan kotak karton tipis, plastik tipis, kantong plastik, atau kantong kertas dapat mudah dijangkau tikus.

Karena itu, menggunakan wadah plastik atau kaca yang kokoh dengan penutup rapat dapat membantu melindungi camilan Anda dari serangan tikus. 

Baca juga: 3 Cara Membasmi Tikus dari Rumah dengan Minyak Peppermint

Selai kacang

Selanjutnya, makanan yang dapat menarik tikus muncul di rumah adalah selai kacang. Selai kacang kaya akan protein dan memberikan kombinasi ideal antara karbohidrat dan rasa manis, yang memberikan energi bagi tikus.

Manish Jain, pemilik Ministry Cleaning, menjelaskan tikus tertarik pada aroma kuat dan tambahan gula yang terdapat dalam selai kacang.

Maka itu, sebaiknya menyimpan selai kacang di tempat tinggi dan dalam stoples tertutup daripada di bagian bawah dapur untuk mengurangi kemungkinan serangan tikus. 

Baca juga: 7 Tanda Adanya Tikus di Rumah yang Perlu Diketahui

Kacang-kacangan

Makanan yang dappat memperpanjang usia.PIXABAY/PIVISO Makanan yang dappat memperpanjang usia.
Kacang-kacangan merupakan bahan makanan yang penting di dalam lemari dapur. Namun,  kacang-kacangan juga menjadi makanan kesukaan tikus yang dapat menariknya ke rumah. 

Tony Salerno, pemilik Tony's Pest Control, menjelaskan salah satu faktor utama yang mendorong kedatangan tikus ke rumah Anda adalah kacang-kacangan.

Tikus cenderung menyukai kacang tanah, kenari, almond, dan berbagai jenis kacang lainnya. Kacang kaya akan protein dan merupakan sumber energi yang baik bagi tikus.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com