Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Penyebab Tikus Masuk ke Rumah, Bisa Bawa Penyakit

Kompas.com - 03/10/2023, 08:09 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tikus dan hewan pengerat, seperti curut, dapat masuk ke rumah, bahkan menginvasi, kapan saja sepanjang tahun.

Namun, musim hujan dan cuaca dingin menjadi waktu paling tepat bagi hewan pengerat untuk mencari tempat berlindung di rumah Anda.  

Baca juga: 4 Racun Tikus Alami yang Bisa Dibuat di Rumah

Tikus menggunakan berbagai cara untuk masuk ke rumah. Biasanya, tikus akan melalui lubang aatu celah-celah yang ada di rumah. Bahkan tikus bisa masuk ke lubang yang sangat kecil dengan menggerotinya. 

Kemunculan tikus di rumah menjadi masalah hama yang umum, tetapi bukan berarti harus menerimanya. 

Tentu saja, keberadaan tikus di rumah tak hanya sangat mengganggu dan menjijikan, tetapi juga membawa sejumlah penyakit, seperti leptospirosis, penyakit pes, dan hantavirus.

Maka itu, perlu segera mengambil tindakan untuk mengusir tikus dari rumah segera dan mengetahui penyebab tikus masuk ke rumah sebagai langkah pencegahan. 

Nah, dilansir dari Purcor Pest, Selasa (3/10/2023), berikut sejumlah penyebab tikus masuk ke rumah.  

Baca juga: 5 Cara Ampuh Membasmi Tikus di Rumah

Kurangnya kebersihan

Ilustrasi tikus di dapur.Shutterstock/torook Ilustrasi tikus di dapur.
Meski benar hewan pengerat dapat masuk ke rumah tanpa mempedulikan kebersihannya, tikus sangat tertarik pada rumah yang tidak bersih atau berantakan.

Jika Anda cenderung menunggu beberapa saat sebelum membersihkan tumpahan, mungkin hal ini secara tidak sengaja mengundang hewan pengerat.

Bahkan apabila Anda termasuk orang yang selalu membersihkan meja dan menyedot debu di lantai, ini bisa saja menjadi titik-titik yang tidak rapi untuk hewan pengerat.

Tumpukan koran atau surat-surat sampah dan cucian yang berserakan di rumah memberikan lebih banyak tempat bagi tikus untuk bersembunyi serta menjadi bahan untuk membuat sarang. 

Baca juga: Tanaman Buah dan Sayuran yang Menarik bagi Tikus di Halaman Rumah

Akses mudah ke dalam rumah 

Selanjutnya, penyebab tikus masuk ke rumah adalah akses yang mudah. Membiarkan celah atau bukaan di sekitar eksterior properti seperti mengundang tikus untuk berlindung di rumah.

Tikus dapat masuk ke lubang seukuran seperempat dan mengunyah sebagian besar material untuk membuat lubang yang cukup besar untuk masuk.

Bahkan retakan yang tinggi pada dinding dapat menjadi masalah. Tikus dapat dengan mudah memanjat dinding untuk menemukan jalan masuk ke rumah.  

Maka itu, periksa setiap permukaan rumah dan cari lubang atau celah yang terbuka, kemudian menutupnya segera. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com