Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tanaman di Halaman Rumah yang Memicu Kehadiran Tikus dan Serangga

Kompas.com - 04/08/2023, 16:19 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Best Life

JAKARTA, KOMPAS.com - Tikus dan serangga adalah beberapa hama yang mengganggu di rumah. Hama-hama ini tidak hanya kerap ditemukan di dalam rumah, namun juga di halaman rumah.

Faktanya, ada beberapa tanaman di halaman rumah yang menarik kehadiran tikus dan serangga. Oleh karena itu, pertimbangkan kembali untuk menanam tanaman tersebut di halaman rumah Anda agar tidak mengundang tikus dan serangga ke rumah dan mengganggu.

Dikutip dari Best Life, Jumat (4/8/2023), berikut beberapa tanaman di halaman rumah yang memicu kehadiran tikus dan serangga.

Baca juga: Perhatikan dan Waspadai, Ini Tanda Ada Tikus di Dapur

Ilustrasi tikus di halaman rumah. SHUTTERSTOCK/RAUL BAENA Ilustrasi tikus di halaman rumah.

1. Pohon buah-buahan

Pohon buah adalah penyebab paling umum ketika mengundang hama ke rumah.

Sayangnya, setiap pohon penghasil buah akan menarik serangga, juga tikus, jika buah jatuh ke tanah, kata Jeremy Yamaguchi, CEO Lawn Love.

Meskipun Anda mungkin tidak perlu terlalu khawatir tentang serangga dalam hal ini, ketika buah jatuh ke tanah tanpa segera diambil, tikus cenderung menemukan jalan ke dalam rumah.

Yamaguchi merekomendasikan penanaman strategis. Cara terbaik untuk memiliki pohon buah-buahan dan mengusir tikus dari rumah adalah dengan menanam pohon jauh dari bangunan rumah, jelas Yamaguchi.

Baca juga: Makanan Kucing dan Anjing Bisa Jadi Penyebab Tikus Masuk ke Rumah

Selain itu, pastikan Anda merawat tanaman buah secara konsisten dan tidak membiarkan buah jatuh dan membusuk, imbuh dia.

2. Sayuran umbi

Jika Anda menanam sayuran seperti wortel, kentang, atau lobak di halaman rumah, tanaman-tanaman ini juga bisa menjadi daya tarik bagi tikus.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com