Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perhatikan dan Waspadai, Ini Tanda Ada Tikus di Dapur

Kompas.com - 04/08/2023, 15:29 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Best Life

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur adalah tempat untuk memasak dan menyiapkan makanan untuk keluarga dan tamu. Oleh karena itu, tidak mengherankan bila dapur dipenuhi beragam makanan dan bahan pangan lainnya.

Akan tetapi, ini juga merupakan daya tarik yang signifikan bagi hama, termasuk tikus. Menurut para ahli, Anda harus selalu mewaspadai satu tanda bahwa ada tikus di dapur.

Dikutip dari Best Life, Jumat (4/8/2023), menurut para ahli, Anda harus meluangkan waktu untuk memastikan Anda tidak menciptakan peluang yang mudah bagi tikus masuk ke dapur.

Baca juga: Makanan Kucing dan Anjing Bisa Jadi Penyebab Tikus Masuk ke Rumah

Ilustrasi tikus di dapur.Shutterstock/torook Ilustrasi tikus di dapur.

Jika Anda mencoba untuk mengusir tikus, sangat penting untuk memastikan Anda menutup lubang atau celah yang mengarah ke luar, termasuk di sepanjang jendela atau pintu, ventilasi loteng, di sekitar lubang pipa ledeng, kabel listrik, atau saluran di sekitar bak cuci piring, kata Maria Richmond dari Ransford Pest Control.

Tikus dapat masuk melalui lubang sekecil seperempat inci, jadi jika Anda menemukan celah, isi dengan wol baja, yang tidak dapat dikunyah oleh tikus, dan dempul, saran Richmond.

Lubang besar bisa diisi dengan kasa, terpal logam, kain perangkat keras, atau semen, imbuh dia.

Tanda ada tikus di dapur yang perlu diwaspadai

Tikus terkadang sulit dikenali saat pertama kali masuk ke rumah. Tetapi menurut para ahli, Anda sering dapat mengetahui bahwa tikus ada di dapur melalui sesuatu yang mereka tinggalkan setiap kali melewati dapur.

Baca juga: 6 Hama yang Bersembunyi di Loteng Rumah, dari Tikus sampai Ular

Tanda nomor satu tikus di dapur adalah kotorannya, terang Anne-Marie Tulp dari Adam's Pest Control di Port St. Lucie, Florida, AS.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com