Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Membuat Dapur Kecil Terasa Lebih Luas

Kompas.com - 04/08/2023, 14:03 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Bob Vila

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki dapur kecil menghadirkan tantangan tersendiri, seperti ruang penyimpanan yang terbatas, tempat meletakkan sejumlah peralatan, serta kesulitan melakukan kegiatan di dalamnya, seperti memasak. 

Untungnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menciptakan kesan lebih luas pada dapur sehingga merasa nyaman dan betah saat berada di dalamnya. 

Dikutip dari Bob Vila, Jumat (4/8/2023), berikut sejumlah cara membuat dapur terasa lebih luas.

Baca juga: Cara Membuat Dapur Terasa Lebih Besar Tanpa Renovasi

Gunakan warna-warna terang

Ilustrasi dapur.Unsplash/sidekix Ilustrasi dapur.
Dave Lincoln, Director of Product Management and Business Development di Sears Home Service mengatakan ada tiga komponen desain utama yang menentukan seberapa luas sebuah ruangan, yakni warna, pencahayaan, dan isi ruangan.

Mengecat ulang adalah perbaikan cepat dan mudah, terutama jika belum siap mengurangi koleksi peralatan masak atau memasang pencahayaan tambahan.

Ciptakan kesan terbuka dengan warna antique white, off-white, cream, kuning muda, atau abu-abu pucat.

Baca juga: 5 Warna Dapur yang Menenangkan, Hijau hingga Warna Netral

Tambahkan pencahayaan aksen

Ketika bayangan menciptakan garis visual yang kuat antara kabinet dan plafon, dapur bisa terasa sempit. Hapus atau lembutkan bayangan tersebut dengan menempatkan lampu di atas kabinet.

Lampu tersebut memberikan penerangan lembut yang meringankan kontras visual yang diciptakan bayangan. Hal ini akan membuat dapur terasa lebih terbuka.

Pencahayaan yang dipasang di bawah kabinet dan diarahkan ke atas countertop juga bekerja mirip. "Cahaya akan mengisi bayangan di bawah kabinet dan mengurangi kontras, memberikan kesan dapur lebih besar," kata Lincoln.

Baca juga: 6 Cara Menghadirkan Pencahayaan di Dapur Menurut Para Ahli

Sediakan tempat khusus untuk barang-barang

Ilustrasi dapur dengan dinding berwarna putihShutterstock/BM_27 Ilustrasi dapur dengan dinding berwarna putih
Ketika ditinggalkan di atas meja, buku masak, bumbu, dan peralatan akan menghabiskan ruang yang berharga serta mengalihkan perhatian pada ukuran dapur yang tidak memadai.

Selain kabinet lebih tinggi, penyimpanan pull-out akan memaksimalkan ruang penyimpanan di balik pintu tertutup. Semakin tidak berantakan, semakin membuat dapur tampak besar.

Pilih pintu kabinet kaca

Mengganti pintu kabinet solid dengan pintu depan kaca dapat menambah kedalam visual, mengelabui mata untuk menganggap dapur lebih luas dari ukuran sebenarnya.

Pandangan akan tertuju ke dalam kabinet, tidak berhenti di pintu, yang menciptakan ilusi ruang. Pilih warna putih atau kayu terang untuk memaksimalkan dampaknya.

"Pintu depan kaca menawarkan kesan lapang saat dipasangkan pada lemari bterang, tetapi tidak terlalu efektif untuk lemari gelap," ucap Lincoln.

Baca juga: 6 Warna Kabinet yang Cocok untuk Meja Dapur Hitam

Pilih material reflektif

Ilustrasi dapur putih.Shutterstock/C Woods Photography Ilustrasi dapur putih.
Permukaan mengilap dapat memantulkan cahaya dan membuat dapur terasa lebih besar. "Hal ini sangat berkaitan dengan cara permukaan mengilap menangkap dan memantulkan warna dinding dan lemari," ujar Lincoln.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com