Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Efektif Merapikan Area Lantai agar Terasa Lebih Luas

Kompas.com - 10/06/2022, 19:19 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Ruang lantai yang luas terlihat mengundang dan dapat digunakan untuk meletakkan beberapa barang seperti meja kecil dan buffet. 

Dengan demikian, area lantai tidak lagi terlihat kosong dan terasa lebih hidup. Meski begitu, jika dibiasakan, lama-kelamaan bisa membuat rumah penuh dengan barang serta berantakan. 

Selain itu, membuat rumah kurang nyaman, kotor, dan menyulitkan untuk berjalan. Disitat dari Real Simple, Jumat (9/6/2022), berikut beberapa cara merapikan area lantai agar terasa lebih luas. 

Baca juga: 5 Faktor yang Harus Dipertimbangkan Saat Mengganti Lantai Rumah

Tempat penyimpanan dengan akses yang mudah

Ilustrasi rak penyimpanan, ilustrasi tempat penyimpanan.UNSPLASH / Sanibell BV Ilustrasi rak penyimpanan, ilustrasi tempat penyimpanan.

Memiliki tempat penyimpanan yang bisa diakses dengan mudah seperti rak yasang dipang dekat dengan lantai dapat mendorong kamu merapikan area lantai dari barang-barang yang menumpuk di lantai. 

Setelah itu, pasang pengait pada rak tersebut untuk menyimpan barang-barang yang bisa digantung agar lantai benar-benar bersih dari barang.

Baca juga: Cara Merawat dan Membersihkan Lantai Bambu agar Tidak Rusak

Pakai rak sepatu gantung

Menyimpan sepatu di lantai lebih mudah, tetapi hal ini bisa membuat sepatu menumpuk seiring berjalannya waktu.

Selain itu, membuat area pintu masuk rumah yang bisa digunakan untuk menyimpan sepatu menjadi berantakan. Untuk itu, hadirkan rak sepatu gantung atau lemari dinding yang ramping.

Baca juga: 5 Pilihan Lantai yang Dapat Mengubah Nuansa Ruangan

Hadirkan tatakan kabel di bawah meja

Untuk ruang kerja di rumah, area lantai biasa akan dipenuhi oleh kabel, entah itu kabel komputer maupun stopkontak.

Jika memungkinkan, hadirkan tatakan kabel di bawah meja sebagai tempat menaruh stopkontak dan mengatur kabel yang dimiliki. Dengan begitu, lantai di ruang kerja bisa menjadi lebih rapi.

Baca juga: 4 Fakta Lantai Vinyl yang Perlu Diketahui Sebelum Memasangnya di Rumah

Pakai furnitur “mengambang”

Secara umum, furnitur yang dipasang pada dinding atau mengambang dapat membantu ruangan tampak rapi dan lantai lebih bersih. 

Cobalah mempertimbangkan beberapa furnitur mengambang di rumah seperti dudukan televisi, lemari penyimpanan, bahkan meja nakas.

Selain membuat area lantai terasa lebih luas, furnitur mengambang lebih memudahkan pembersihan seperti menyapu dan membersihkan lantai dari debu serta kotoran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com