Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Cara Membuat Dapur Kecil Terasa Lebih Luas

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki dapur kecil menghadirkan tantangan tersendiri, seperti ruang penyimpanan yang terbatas, tempat meletakkan sejumlah peralatan, serta kesulitan melakukan kegiatan di dalamnya, seperti memasak. 

Untungnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menciptakan kesan lebih luas pada dapur sehingga merasa nyaman dan betah saat berada di dalamnya. 

Dikutip dari Bob Vila, Jumat (4/8/2023), berikut sejumlah cara membuat dapur terasa lebih luas.

Mengecat ulang adalah perbaikan cepat dan mudah, terutama jika belum siap mengurangi koleksi peralatan masak atau memasang pencahayaan tambahan.

Ciptakan kesan terbuka dengan warna antique white, off-white, cream, kuning muda, atau abu-abu pucat.

Tambahkan pencahayaan aksen

Ketika bayangan menciptakan garis visual yang kuat antara kabinet dan plafon, dapur bisa terasa sempit. Hapus atau lembutkan bayangan tersebut dengan menempatkan lampu di atas kabinet.

Lampu tersebut memberikan penerangan lembut yang meringankan kontras visual yang diciptakan bayangan. Hal ini akan membuat dapur terasa lebih terbuka.

Pencahayaan yang dipasang di bawah kabinet dan diarahkan ke atas countertop juga bekerja mirip. "Cahaya akan mengisi bayangan di bawah kabinet dan mengurangi kontras, memberikan kesan dapur lebih besar," kata Lincoln.

Selain kabinet lebih tinggi, penyimpanan pull-out akan memaksimalkan ruang penyimpanan di balik pintu tertutup. Semakin tidak berantakan, semakin membuat dapur tampak besar.

Pilih pintu kabinet kaca

Mengganti pintu kabinet solid dengan pintu depan kaca dapat menambah kedalam visual, mengelabui mata untuk menganggap dapur lebih luas dari ukuran sebenarnya.

Pandangan akan tertuju ke dalam kabinet, tidak berhenti di pintu, yang menciptakan ilusi ruang. Pilih warna putih atau kayu terang untuk memaksimalkan dampaknya.

"Pintu depan kaca menawarkan kesan lapang saat dipasangkan pada lemari bterang, tetapi tidak terlalu efektif untuk lemari gelap," ucap Lincoln.

Ia menambahkan, cara lain menambah daya pantul pada dapur adalah memasang glass tile backsplash. Pasangkan dengan pencahayaan di bawah kabinet dan meja reflektif.

"Ini menciptakan peralihan yang sangat terbuka antara meja dan kabinet atas," imbuhnya.

Membuka ruang lantai

Meja dapur kecil atau meja dengan daun meja yang dapat dilipat di sela-sela waktu makan akan memberikan lebih banyak ruang beraktivitas di dapur.

Hal yang sama berlaku untuk barang-barang lain yang memakan tempat, seperti freestanding kitchen island. Dengan memilih model yang lebih ramping, Anda menambah ruang untuk berjalan dan menyiapkan makanan.

Biarkan cahaya alami masuk

Ganti gorden dan tirai tebal dengan tirai tipis, lalu biarkan bagian jendela lain terbuka agara cahaya alami masuk. 

Ini akan membuat dapur terlihat lebih luas secara visual serta menciptakan kesan lapang.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/08/04/140349076/7-cara-membuat-dapur-kecil-terasa-lebih-luas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke