Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Barang yang Tidak Boleh Dibersihkan dengan Sabun Cuci Piring

Kompas.com - 20/05/2024, 07:12 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sabun cuci piring menjadi bahan pembersih yang efektif membersihkan kotoran dan lemak pada piring, sendok, gelas, peralatan makanan, dan peralatan memasak. 

Sabun cuci piring juga sering digunakan untuk membersihkaan barang dan permukaan di rumah, seperti mangkuk kloset.  

Baca juga: Cara Membuat Sabun Cuci Piring Sendiri di Rumah

Namun, ada beberapa barang yang tidak boleh dibersihkan dengan sabun cuci piring karena bisa menyebabkan residu serta kerusakan membandel. 

Maka itu, penting mengetahui barang-barang rumah tangga mana yang tidak boleh dibersihkan dengan sabun untuk menjaganya tetap dalam kondisi prima.

Disadur dari Better Homes and Gardens, Senin (20/5/2024), berikut barang yang tidak boleh dibersihkan dengan sabun cuci piring

Apa pun yang terbuat dari kayu

Ilustrasi furnitur kayu. FREEPIK/FREEPIK Ilustrasi furnitur kayu.
Apa pun yang terbuat dari kayu, termasuk furnitur kayu dan lantai kayu, tidak boleh dibersihkan dengan sabun cuci piring.

Hal ini terutama karena furnitur kayu sering kali dilapisi dengan lapisan pelindung atau mengandung minyak alami. Lapisan ini dapat hilang bila dibersihkan dengan sabun cuci piring. 

Meski sesekali boleh saja membersihkan noda atau jamur yang membandel dengan sabun cuci piring dan air, tapi yang terbaik adalah menggunakan produk khusus untuk membersihkan permukaan kayu.

Anda bisa membersihkan dengan prosuk alami. Cobalah mencampurkan minyak zaitun, alkohol terdenaturasi, terpentin, dan jus lemon dengan perbandingan sama.

Demikian pula, peralatan dapur, seperti talenan dan sendok kayu, akan mengalami keausan dini jika terus-menerus dibersihkan dengan sabun cuci piring.

Baca juga: 7 Cara Membasmi Kutu Putih, Pakai Alkohol hingga Sabun Cuci Piring  

Perabotan berbahan kulit 

Sama dengan kayu, barang yang tidak boleh dibersihkan dengan sabun cuci piring lainnya adalah perabotan berbahan kulit. 

Kulit secara alami mengandung minyak yang dapat dihilangkan oleh sabun cuci piring sehingga mengakibatkan bahan menjadi retak atau rapuh.

Untuk membersihkan perabot berbahan kulit, gunakan kain lembap untuk mengelap noda kecil, cobalah baking soda atau tepung maizena untuk menyerap tumpahan minyak atau lemak.

Selain itu, berkonsultasilah dengan ahli jika Anda menghadapi noda membandel. Namun, sepatu bot dan sepatu kuli, dapat menahan sedikit air sabun cuci piring jika Anda dalam keadaan darurat.

Gunakan pembersih kulit khusus, seperti sabun pelana, untuk melindungi barang berharga Anda jika memungkinkan. 

Baca juga: Jangan Gunakan Sabun Cuci Piring di Mesin Cuci, Kenapa?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com