Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/05/2024, 20:29 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Balkon merupakan area luar ruangan yang biasanya digunakan untuk berbagai keperluan, seperti bersantai, menikmati pemandangan luar rumah, bersosialisasi, makan, dan lain sebagainya. 

Selain itu, balkon juga bisa membantu meningkatkan ventilasi dan cahaya alami di dalam rumah, sehingga suasana di rumah lebih nyaman.

Baca juga: 5 Ide Dekorasi Balkon Rumah yang Menarik

Dibalik fungsinya yang beragam, masih banyak pemilik rumah yang belum bisa memanfaatkan balkon dengan maksimal karena keterbatasan ruang. 

Perlu kreativitas tinggi untuk mengubah balkon kecil menjadi ruangan tambahan yang fungsional dan estetik. Dikutip dari Chique Home Living, Minggu (19/5/2024), berikut ini ide balkon kecil yang bisa menjadi inspirasi. 

Tambahkan bahan alami

Ilustrasi kursi gantung di balkonSHUTTERSTOCK/CINEMATOGRAPHER Ilustrasi kursi gantung di balkon

Gunakan beberapa bahan alami seperti kayu, batu, bambu, dan rotan di balkon untuk memberikan kesan alami di area tersebut. 

Baca juga: 6 Ide Mendekorasi Balkon Apartemen Menjadi Oasis yang Menenangkan

Material alami memiliki keindahan dan daya tarik tersendiri. Selain itu, material alami juga bisa memberikan kehangatan, tekstur, dan membuat ruangan terasa lebih terhubung dengan alam. 

Letakkan kursi gantung berbentuk setengah lingkaran

Selanjutnya, ide balkon kecil yaitu menempatkan kursi gantung berbentuk setengah lingkaran. Kursi tersebut bisa menjadi tempat duduk yang nyaman dan santai, apalagi jika ditambah bantal empuk. 

Ukuran kursi bisa disesuaikan dengan ukuran balkon, sehingga tidak memakan banyak ruang. Material yang dipilih juga bisa disesuaikan dengan konsep dekorasi di area tersebut. Misalnya, jika ingin membuat balkon bernuansa alam, maka bisa menggunakan kursi gantung dari rotan. 

Baca juga: 7 Cara Mendekorasi Balkon Kecil agar Nyaman dan Menarik

Gantungkan lampu hias

Lampu hias bisa menambah daya tarik visual di balkon. Cahaya dari lampu hias juga bisa menerangi balkon di malam hari atau saat cuaca sedang tidak cerah. 

Beberapa lampu hias memiliki bentuk yang menarik dengan warna pencahayaan yang bisa disesuaikan dengan keinginan. 

Tampilkan warna kuning sebagai aksen

Kuning menjadi salah satu warna aksen yang bagus untuk dekorasi luar ruangan. Sebab, warna cerah ini mengingatkan pada cahaya matahari. 

Memasukkan warna kuning di balkon membuat area ini terasa lebih hangat dan nyaman, apalagi saat cuaca sedang mendung. 

Baca juga: 6 Ide Dekorasi Balkon Kecil agar Nyaman dan Menarik

Hadirkan kehangatan dan kenyamanan

Ilustrasi balkon.Unsplash/spacejoy Ilustrasi balkon.

Ada banyak cara untuk membuat balkon kecil terasa lebih hangat dan nyaman. Mulailah dengan meletakkan sofa luar ruangan yang berkualitas. 

Lalu, berikan pencahayaan yang lembut untuk menciptakan suasana hangat. Jangan lupa untuk meletakkan selimut tebal dan lembut di atas sofa agar suasana semakin terasa hangat dan nyaman. 

Tampilkan gaya Bohemian

Terakhir, ide balkon kecil yaitu menampilkan gaya Boho atau Bohemian. Gaya dekorasi ini menggunakan perpaduan warna, pola, dan tekstur yang apik. 

Dekorasi bergaya Bohemian bisa menjadi media untuk mengekspresikan diri dan menumbuhkan kreativitas yang unik.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com