Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/05/2024, 15:27 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat mendekorasi rumah, area sudut ruangan biasanya diabaikan begitu saja. 

Padahal, area sudut yang kosong bisa dimanfaatkan sebagai ruangan tambahan atau didekorasi dengan cantik untuk menambah estetika ruangan. 

Baca juga: 5 Ide Memanfaatkan Sudut Kosong di Rumah agar Fungsional

Dengan mendekorasi sudut kosong, maka ruangan akan terlihat lebih menarik dan tidak membosankan. Ada beberapa ornamen dekorasi yang bisa ditempatkan di sudut ruangan. 

Dikutip dari Martha Stewart, Selasa (21/5/2024), berikut ini beberapa ide dekorasi sudut kosong di dalam rumah

Ubah sudut kosong menjadi ruang kerja

Ilustrasi ruang kerja. Ilustrasi ruang kerja.

Sudut ruangan yang kosong bisa dimanfaatkan sebagai ruang kerja yang nyaman. Caranya, letakkan meja dan kursi yang ukurannya disesuaikan dengan luas sudut ruangan. 

Lalu, letakkan lampu hias yang membuat ruang kerja terasa lebih hangat. Dengan demikian, area yang awalnya kosong menjadi lebih fungsional. 

Baca juga: 6 Ide Ruang Kerja Bergaya Bohemian yang Cantik dan Nyaman

Tempatkan tanaman hias

Selanjutnya, ide dekorasi sudut kosong di dalam rumah yaitu menempatkan tanaman hias. Debbie Mathews, desainer interior dan pemilik Debbie Mathews Antiques & Designs, mengatakan menempatkan tanaman hias di sudut ruangan bisa menambah kelembutan di area tersebut. 

Tak hanya itu, tanaman hias juga membuat suasana di sudut ruangan menjadi asri dan segar, sehingga membuat ruangan terasa lebih nyaman. 

Letakkan tempat duduk tambahan

Sudut di ruang tamu bisa dimanfaatkan sebagai tempat meletakkan tempat duduk tambahan. Kursi di sudut ruangan berfungsi ganda, sebagai tempat duduk sekaligus sebagai dekorasi ruangan. 

Kursi di sudut ruangan biasanya berukuran lebih kecil dibandingkan kursi disekitarnya dan terkadang modelnya juga berbeda. Perbedaan inilah yang membuat kursi tersebut terlihat menarik dan menjadi titik fokus di ruangan tersebut.

Baca juga: 7 Ide Mendekorasi Sudut Kosong di Ruang Tamu agar Menarik

Memajang lampu hias

Ilustrasi lampu hias di sudut ruanganFREEPIK/RAWPIXEL.COM Ilustrasi lampu hias di sudut ruangan

Selain kursi tambahan, lampu hias juga bisa ditempatkan di sudut ruangan. Lampu hias membuat sudut ruangan terlihat lebih menarik. 

Selain itu, menempatkan lampu di sudut ruangan juga membantu memantulkan cahaya ke seluruh ruangan, terutama pada ruangan dengan dinding terang. Hal ini membuat ruangan terasa lebih terang dan luas. 

Letakkan meja estetik

Terakhir, ide dekorasi sudut kosong di dalam rumah yaitu menempatkan meja kecil estetik di area tersebut. Meja kecil ini membuat ruangan terlihat lebih menarik. 

Meja kecil juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat meletakkan barang-barang seperti kunci mobil, hiasan berukuran kecil, atau vas bunga, sehingga ruangan terlihat lebih rapi.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com