Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Ide Memanfaatkan Sudut Kosong di Rumah agar Fungsional

Kompas.com - 29/02/2024, 09:23 WIB
Bella Nurmaya Putri,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Di dalam rumah, sering kali terdapat area atau sudut kosong yang tidak dimanfaatkan secara optimal dan terabaikan. 

Meski tampak sepele, sudut-sudut kosong ini ternyata memiliki potensi besar untuk diubah menjadi area yang menarik, yang dapat memberikan nilai tambah pada rumah. 

Baca juga: 6 Cara Membuat Sudut Buku di Rumah yang Nyaman

Charlotte Moss, desainer interior dan penulis asal Amerika Serikat, mengatakan sudut kosong adalah cerita yang menunggu untuk terjadi dan Andalah penulisnya.

Ungkapan dari Charlotte Moss tersebut menggarisbawahi pentingnya kreativitas dan inovasi dalam memanfaatkan sudut kosong di rumah.

Sudut kosong biasanya bisa ditemukan di sekitar pintu dan jendela, di dekat perabotan besar, seperti sofa atau lemari, pojok ruangan, area bawah tangga, dan area koridor rumah.

Namun, untuk mengisi sudut kosong ini, tidak selalu perlu merombaknya. Ada cara simpel dan ekonomis untuk memanfaatkan kembali sudut kosong yang tidak dimanfaatkan menjadi area menarik dan fungsional.

Dilansir dari Theb Brrow Interior, Selasa, (27/02/2024), berikut lima ide memanfaatkan sudut kosong di rumah.  

Baca juga: 3 Cara Mengaktifkan Sudut Kekayaan di Rumah Menurut Feng Shui

Sudut baca

Ilustrasi sudut baca di rumah.Shutterstock/SeventyFour Ilustrasi sudut baca di rumah.
Ide pertama adalah menciptakan sudut untuk membaca buku sambil bersantai.

Letakkan sebuah kursi atau kursi malas yang empuk dan nyaman, lalu tambahkan bantal untuk menambah kenyamanan, lampu baca yang memberikan cahaya cukup, serta rak untuk menyimpan koleksi buku atau bacaan lainnya.

Anda juga dapat menyesuaikan dekorasi dan warna elemen-elemen pada sudut baca di rumah sesuai dengan selera dan gaya pribadi. 

Misalnya, memilih warna-warnamenenangkan, seperti biru dan hijau, untuk menciptakan atmosfer yang lebih menenangkan atau warna-warna cera,  seperti kuning dan oranye, untuk memberikan sentuhan lebih ceria.

Selain itu, tambahkan elemen dekoratif, seperti tanaman hias atau lukisan dinding yang sesuai dengan tema yang diinginkan.  

Baca juga: Mengenal Sudut Dapur Ajaib, Solusi Penyimpanan Hemat Ruang

Dinding galeri

Selanjutnya, ide memanfaatkan sudut kosong di rumah adalah menciptakan dinding galeri. Menempatkan galeri seni di sudut ruangan dapat membantu menyamarkan garis ruangan.

Untuk menciptakan dampak lebih besar, seleksi karya seni dengan mempertimbangkan variasi  bentuk, ukuran, dan tekstur.

Anda dapat menghiasi dinding galeri dengan memajang berbagai foto keluarga dalam bingkai, lukisan asli, cermin, atau bingkai artistik lainnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com