Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Digunakan, 5 Warna Cat Ini Dapat Membuat Rumah Tampak Kecil

Kompas.com - 28/02/2024, 08:08 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber home guide

JAKARTA, KOMPAS.com - Baik itu apartemen yang nyaman atau rumah yang luas, bukankah kita semua ingin membuat ruangan yang kecil terlihat lebih besar?

Namun demikian, ketika merangkul tren terbaru, sangat mudah tersandung pada perangkap desain yang secara tidak sengaja membuat ruangan tampak lebih kecil dan padat daripada yang sebenarnya. 

Baca juga: 4 Warna Cat Netral Selain Putih, Bikin Rumah Lebih Cantik

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan adalah pemilihan warna cat yang tidak tepat, tepatnya warna-warna yang memiliki kemampuan mengecilkan ruangan secara perseptual. 

Maka itu, penting menghindari mengaplikasikan warna cat ini di rumah.  

Nah, disadur dari Home Guide, Rabu (28/2/2024), lima warna cat yang dapat membuat rumah tampak kecil.

Merah jenuh

Ilustrasi ruang keluarga dengan warna cat merah. Shutterstock/Pixel-Shot Ilustrasi ruang keluarga dengan warna cat merah.
Pernahkah Anda berpikir menambahkan sedikit drama pada ruang keluarga dengan warna-warna yang berani?

Merah mungkin bisa menjadi jawabannya. Hanya dengan sedikit sentuhan saja, ruangan mana pun akan terasa hidup dan menarik. Namun, berhati-hatilah!

Warna merah memiliki kekuatan untuk membuat ruangan terasa seperti tertutup. Efek ini khususnya terlihat jelas dengan warna yang intens, seperti merah bata atau merah marun.

Warna-warna berani ini memiliki kemampuan unik untuk "mendekat" ke arah Anda, yang mengarah pada suasana akrab dan nyaman meski dalam ruang yang terasa lebih padat. 

Baca juga: 5 Warna Cat yang Dapat Membuat Suasana Hati Jadi Buruk

Coklat yang gelap 

Selanjutnya, warna cat yang dapat membuat rumah tampak kecil adalah coklat. Warna cat ini dapat membangkitkan kemiripan gua yang menawan, tapi sedikit mengesankan.

Selain itu, warna-warna ini memiliki kemampuan luar biasa untuk menyerap cahaya dan dengan cerdik mengecilkan ruang, membuatnya terasa cukup nyaman atau sedikit terlalu terbatas.

Jika mendambakan suasana lapang dan berangin, Anda perlu mempertimbangkan kembali palet warna Anda.

Mengapa tidak mencoba warna coklat yang lebih terang? Pertimbangkan pilihan, seperti kelabu tua atau cream, warna-warna ini terkenal dengan kemampuannya memantulkan cahaya dan menciptakan ilusi ruangan yang luas. 

Baca juga: 7 Cara Mendekorasi Ruangan dengan Warna Hijau

Hijau gelap 

Ilustrasi ruang keluarga dengan nuansa warna hijau.SHUTTERSTOCK/FOLLOWTHEFLOW Ilustrasi ruang keluarga dengan nuansa warna hijau.
Umumnya, hijau adalah warna yang memancarkan ketenangan dan membawa sentuhan alam di rumah. Namun, memilih warna hijau yang gelap atau intens bisa menjadi pengubah permainan.

Warna seperti itu dapat menelan cahaya, secara diam-diam menenun ilusi ruang yang lebih kompak.

Halaman:
Sumber home guide
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com