Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Warna Cat yang Dapat Meningkatkan Suasana Hati di Rumah

Kompas.com - 16/01/2024, 16:16 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Warna cat mempunyai peranan besar dalam tampilan dan nuansa ruangan, bahkan suasana hati atau mood

Namun, dampak ini semua dapat diperoleh bila memilih warna cat yang tepat. Memilih warna cat yang tepat dapat mendorong fokus di ruang kerja, menstimulasi percakapan di ruang makan, menciptakan kamar tidur yang damai, dan menciptakan ruang tamu yang ceria. 

Baca juga: 7 Rekomendasi Warna Cat Terbaik Ruang Keluarga

Memilih warna cat sesuai dengan suasana setiap ruangan, apakah itu warna yang mendorong relaksasi di kamar tidur atau warna netral yang mendorong ketenangan di ruang keluarga.

Arianna Cesa, Manajer Pemasaran dan Pengembangan Warna di Benjamin Moore, mengatakan warna cat mengelilingi Anda dalam sebuah ruang dan memainkan peran sangat besar dalam keseluruhan desain dan perasaan sebuah ruangan.

"Ke mana pun Anda melihat ke dalam ruangan, Anda berinteraksi dengan warna cat. Interaksi itulah yang dapat mempengaruhi suasana hati Anda," kata Arianna. 

Cesa mengatakan teori warna dasar mengasosiasikan warna-warna hangat dan sejuk dengan suasana hati secara umum.

Misalnya, merah, oranye, dan kuning yang lebih hangat dapat memberi efek menenangkan, optimis, energik. Sementara warna-warna yang lebih sejuk, seperti hijau, biru, dan ungu, sering kali memancarkan ketenangan, relaksasi, juga ketenangan. 

Baca juga: 6 Tren Warna Cat Eksterior yang Bakal Banyak Digunakan pada 2024

Namun demikian, warna cat yang membuat Anda merasa tenang, terinspirasi, bahagia, atau fokus, tidak selalu merupakan warna yang dipilih orang lain.

"Pada akhirnya, hal ini bersifat subjektif dan penting mempertimbangkan bagaimana warna tertentu membuat Anda merasakannya," ucap Cesa.

Nah, dilansir dari Martha Stewart, Selasa (16/1/2024), berikut sejumlah warna cat yang dapat meningkatkan suasana hati di rumah. 

Kuning dan pink untuk kebahagiaan

Ilustrasi ruang keluarga dengan warna cat dinding kuning.Shutterstock/Pixel-Shot Ilustrasi ruang keluarga dengan warna cat dinding kuning.
Nicole Gibbons, desainer interior dan pendiri Clare Paint, merekomendasikan kuning dan pink untuk menciptakan perasaan bahagia serta semangat di ruangan. 

"Warna merah yang penuh gairah, kuning cerah, dan oranye yang segar, seperti Caliente, Rosy Apple, Soleil, dan Citrus Blossom, dapat memberikan energi dan semangat luar biasa," ujar Cesa. 

Baca juga: 6 Warna Cat Ruang Cuci Baju, Berikan Kesan Segar dan Nyaman

Putih, abu-abu, atau biru muda untuk fokus

Selanjutnya, warna cat yang dapat meningkatkan suasana hati di rumah adalah putih, abu-abu, dan biru muda.

"Dengan keserbagunaannya yang mudah, warna cat putih dan abu-abu memberikan keseimbangan pada palet warna dan dapat melakukan hal yang sama pada sebuah ruang," imbuh Cesa.

Jika tidak menemukan kanvas kosong pada dinding putih yang menginspirasi, cobalah warna biru pucat yang identik dengan ketenangan dan pikiran jernih. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com