Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Warna Cat Ruang Keluarga yang Akan Ketinggalan Zaman

Kompas.com - 04/12/2023, 08:30 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang keluarga menjadi tempat pertama memulai skema warna cat untuk rumah.

Hal ini karena ruang keluarga menjadi titik pusat rumah, tempat menghabiskan sebagian besar waktu istirahat, serta menjadi "tuan rumah" bagi semua orang yang melewati rumah Anda. 

Baca juga: 6 Hal yang Membuat Ruang Keluarga Terlihat Berantakan, Apa Saja?

Jadi, meski keputusan dekorasi Anda penting di setiap ruangan, ruang keluarga adalah titik awal yang tak terelakkan.

Namun, ada beberapa warna cat yang tidak cocok untuk ruang keluarga karena dapat membuatnya ketinggalan zaman atau kuno sehingga perlu menghindarinya. 

Nah, dikutip dari Homes and Gardens, Senin (4/12/2023), berikut sejumlah warna cat ruang keluarga yang akan ketinggalan zaman.

Putih

Ilustrasi ruang keluarga bergaya Skandinavia.Shutterstock/Ground Picture Ilustrasi ruang keluarga bergaya Skandinavia.
Ide ruang keluarga serba putih mungkin tidak modis dan bukanlah hal yang kontroversial. 

Namun, Heather Humphrey, desainer interior dari Alder and Tweed, mengatakan skema warna monokromatik putih-putih semakin berkurang karena orang-orang ingin menambahkan lebih banyak kepribadian dan keunikan pada ruangan mereka. 

Humphrey menjelaskan karena orang-orang menghabiskan lebih banyak waktu di rumah, mereka ingin ruangan mengekspresikan atau mencerminkan lebih banyak tentang diri mereka dan putih tidak selalu menunjukkan hal ini. 

Baca juga: 8 Tanaman Hias yang Cocok Diletakkan di Ruang Keluarga

Michael Gilbride, desainer interior dari Michael Gilbride Design, menambahkan warna cat putih juga sudah ketinggalan zaman dalam hal kepraktisan.

"Dinding putih bersih dan dekorasi monokromatik merupakan ciri khas yang menenangkan secara visual pada ponsel kami, tetapi tidak praktis untuk keluarga dengan anak-anak, apalagi mainan anak-anak dan proyek seni yang sedang berkembang," ucapnya. 

Nuansa putih dapat memiliki kedalaman yang kaya untuk bereksperimen, tetapi perawatan cat, seperti pencucian warna, dapat memberikan kedalaman dan tekstur pada rumah mana pun. 

Baca juga: 5 Warna Cat Dapur yang Tak Lekang oleh Waktu

Abu-abu 

Ilustrasi ruang keluarga dengan warna cat abu-abu.Shutterstock/Ground Picture Ilustrasi ruang keluarga dengan warna cat abu-abu.
Selanjutnya, warna cat ruang keluarga yang akan ketinggalan zaman adalah abu-abu. Para desainer berpendapat bahwa mendekorasi ruang keluarga dengan warna abu-abu sekarang harus dilakukan dengan hati-hati.

Humphry mengatakan warna cat abu-abu sudah pasti akan segera berakhir karena orang-orang berusaha menciptakan ruang yang lebih nyaman sehingga beralih dari warna-warna yang lebih dingin dan condong ke warna-warna lebih hangat dan netral, seperti nude.

Genevieve Chambliss, desainer interior dari Vieve Interiors, juga menambahkan sudah saatnya warna abu-abu digantikan oleh coklat, beige, dan coklat yang lebih hangat, yang dapat menjadi latar belakang netral yang lebih baik di ruang keluarga. 

"Meski masih bisa memasukkan elemen abu-abu di sana-sini, hindari cat abu-abu dan furnitur abu-abu agar Anda tidak terjebak dalam tren dekade terakhir," tambah Genevieve. 

Baca juga: 5 Warna Cat yang Dapat Membuat Rumah Terlihat Mahal

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com