Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Warna Cat yang Sebaiknya Tidak Digunakan di Ruang Tamu

Kompas.com - 29/11/2023, 10:19 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang tamu adalah salah satu ruang terpenting di rumah. Artinya, keputusan Anda mengecat ruang tamu memiliki potensi untuk meningkatkan keseluruhan rumah.

Maka itu, penting memilih warna cat yang tepat untuk ruang tamu. Sebab, warna cat yang salah dapat membuat ruang tamu terlihat tidak menarik, tak nyaman, serta membosankan. 

Baca juga: 6 Ide Mendekorasi Ruang Tamu dengan Sofa Putih 

Warna-warna, seperti hijau dan merah muda, baru-baru ini berada di puncak tren warna. Namun, beberapa ahli memprediksi bahwa beberapa skema warna ruang tamu yang paling dicari ini harus dihindari.

Nah, dikutip dari Homes and Gardens, Rabu (29/11/2023), berikut sejumlah warna cat yang sebaiknya tidak digunakan di ruang tamu

Coklat

Ilustrasi ruang tamu dengan warna cat dinding coklat.SHUTTERSTOCK/FOLLOWTHEFLOW Ilustrasi ruang tamu dengan warna cat dinding coklat.
Sangat mudah melihat daya tarik di balik ruang tamu berwarna cream, tapi terlepas dari keserbagunaannya yang aman, ada beberapa warna yang sebaiknya tidak digunakan di luar ruang tamu, salah satunya tecoklat.

Desainer interior Nishtha Sadana menyarankan ruang tamu berwarna cokelat dapat "membebani Anda" dan memberikan kesan suram pada ruangan, terutama jika ruangan  menghadap ke utara dan menjaga cahaya menjadi masalah.

"Jika menyukai warna-warna lebih gelap, pertimbangkan biru tua atau warna teal gelap," saran Nishtha.

Warna-warna ini akan terlihat lebih berani dan memperkenalkan semangat ke dalam ide ruang tamu daripada membawa kelembapan pada ruangan.  

Baca juga: 7 Warna Cat untuk Ruang Tamu Kecil agar Terlihat Lebih Luas

Blush pink 

Selanjutnya, warna cat yang sebaiknya tidak digunakan di ruang tamu adalah blush pink. Ini merupakan salah satu warna paling populer pada musim-musim belakangan ini, tapi desainer Nishtha menyarankan bahwa warna cat ini tidak cocok untuk ruangan paling penting di rumah.

Meski ide ruang tamu blush pink adalah sesuatu yang tenang, ini merupakan hal yang tidak boleh dilakukan untuk ruang tamu karena bisa membuat ruangan terlihat terlalu feminin sehingga bukan pilihan baik untuk jangka panjang. 

Jika menginginkan gaya yang sangat feminin dan chic, warna blush pink cocok untuk ruang tamu Anda, tapi Nishtha menyarankan menggunakannya dengan hati-hati. 

Baca juga: 8 Ide Dekorasi Ruang Tamu dengan Sofa Berwarna Coklat Tua

Hitam

Ilustrasi ruang tamu dengan warna cat dinding gelap. SHUTTERSTOCK/AQUARIUS STUDIO Ilustrasi ruang tamu dengan warna cat dinding gelap.
Menurut Nishtha, meski semburat warna hitam tidak selalu merupakan pilihan buruk, terlalu banyak hitam bisa membuat ruang tamu terasa berlebihan dan mengintimidasi. 

"Kecuali jika Anda memiliki ukuran dan ruang yang cukup, jangan gunakan hitam di semua dinding ruang tamu. Hitam juga dapat membuat ruangan terasa gelap, suram, dan kusam," imbuhnya.  

Baca juga: 5 Tips Menata Ruang Tamu yang Benar Menurut Desainer Interior

Hijau lumut

Sama dengan blush pink, hijau lumut juga menjadi warna cat yang sebaiknya tidak digunakan di ruang tamu. 

Desainer interior, Stacy Lewis, mengatakan dari perspektif desain, warna-warna, seperti hijau lumut, hijau sage, coklat berlumpur, dan aubergine atau ungu terong, tidak akan menarik. 

Stacy mengatakan bahwa kliennya baru-baru ini mengatakan warna hijau lumut dan hijau sage membuatnya merasa seperti berada di dalam "akuarium kotor", seperti halnya warna coklat berlumpur.

"Hal ini membuat ruang tamu terlihat seperti belum dibersihkan selama lebih dari setahun. Sedangkan untuk cat aubergine, ini dapat membuat sakit kepala dan sama sekali tidak mengundang," tambahnya. 

Baca juga: 7 Ide Mendekorasi Ruang Tamu dengan Warna Beige agar Terasa Hangat 

Kuning 

Terakhir, warna cat yang sebaiknya tidak digunakan di ruang tamu adalah kuning. Menurut Nishtha, kuning dapat membuat Anda terlalu bersemangat, kewalahan, sekaligus membuat ruangan Anda terasa tidak terawat.

Karena itu, kuning tidak boleh digunakan untuk ruang tamu. Jadi, meski kuning terlihat seperti warna yang optimis, mungkin yang terbaik adalah bereksperimen dengan warna ini di luar ruang utama Anda, seperti kamar tidur dan eksterior. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com