Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Warna Cat yang Membuat Ruang Tamu Lebih Terang

Kompas.com - 29/10/2023, 17:39 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber Veranda


JAKARTA, KOMPAS.comRuang tamu yang terang bisa membuat suasana terasa lebih nyaman. Pencahayaan dalam ruang tamu bisa didapatkan dari lampu atau cahaya alami yang masuk lewat jendela.

Cara lain untuk membuat ruang tamu lebih terang yaitu dengan mengecat menggunakan warna yang tepat. Sebab, ada beberapa warna yang ternyata bisa membuat ruangan terasa lebih terang.

Dilansir dari Veranda, Minggu (29/10/2023), berikut ini pilihan warna cat yang membuat ruang tamu lebih terang.

Baca juga: Kombinasi Dua Warna yang Membuat Ruang Tamu Terlihat Cantik

Putih terang

Putih menjadi warna yang bisa membuat ruang tamu terasa terang. Selain itu, putih juga bisa memberikan kesan bersih dan rapi.

Ilustrasi ruang tamu dengan nuansa warna hitam dan putih.SHUTTERSTOCK/GROUND PICTURE Ilustrasi ruang tamu dengan nuansa warna hitam dan putih.

Lucy Doswell mengatakan bahwa warna putih bisa memantulkan cahaya yang masuk ke dalam ruangan. Selain untuk mengecat dinding, warna putih juga bisa digunakan untuk mengecat langit-langit rumah.

Biru aqua

Warna lain yang juga bisa membuat ruangan terasa lebih bercahaya yaitu biru aqua. Warna ini juga bisa memberikan kesan nyaman seperti air.

Dinding berwarna biru aqua cocok dipadukan dengan lampu gantung yang membuat ruangan terasa mewah, namun tetap nyaman.

Baca juga: 5 Cara Mendekorasi Ruang Tamu dengan Sofa Biru

Merah muda

Merah muda atau pink juga bisa dipilih untuk menghias ruang tamu. Warna ini bisa menyempurnakan arsitektur ruang dan membuat suasana hati lebih bahagia.

Selain itu, warna merah muda juga bisa membuat ruangan terasa nyaman dan sejuk, meskipun cuaca sedang terik.

Abu-abu biru

Abu-abu kebiruan juga menjadi salah satu warna cat yang membuat ruang tamu lebih terang. Dinding abu-abu kebiruan bisa memberikan kesan halus dan nyaman dalam ruangan.

Anda bisa memadukan warna ini dengan karpet halus yang akan membuat ruang tamu terasa lebih nyaman.

Marigold

Warna marigold cerah bisa membuat ruang tamu terasa lebih terang. Warna ini juga terlihat tidak biasa, sehingga ruang tamu terasa unik.

Baca juga: Memakai Warna Kuning Dapat Membawa Keberuntungan di Rumah, Betulkah?

Warna marigold cocok dipadukan dengan sofa beludru kuning dan rak buku yang membuat ruang tamu terasa mewah.

Ilustrasi ruang tamu bernuansa abu-abu terangShutterstock/Ground Picture Ilustrasi ruang tamu bernuansa abu-abu terang

Abu-abu krem

Ashley Whittaker, seorang desainer membuat ruang tamu terasa lebih tenang dengan warna dinding yang netral dan mengatur pola pada furnitur yang digunakan.

Salah satu warna netral yang bisa digunakan yaitu abu-abu krem. Warna ini bisa memberikan kesan tenang. Perpaduan warna abu-abu krem dengan sofa beludru membuat ruang tamu terasa nyaman, hangat, dan tenang.

Kuning tenang

Warna kuning menjadi salah satu warna cat yang membuat ruang tamu lebih terang. Warna ini menyerupai sinar matahari, sehingga bisa membuat ruangan terasa terang dan hangat.

Anda bisa memadukan warna kuning dengan kursi berlengan yang empuk dan nyaman. Desain ruangan seperti ini sangat cocok untuk bersantai sembari membaca buku.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com