Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kesalahan Mendesain Ruang Tamu Luar Ruangan yang Harus Dihindari

Kompas.com - 21/10/2023, 21:07 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Ideal Home

JAKARTA, KOMPAS.com - Menciptakan ruang tamu luar ruangan yang senyaman ruang tamu di dalam ruangan merupakan hal yang sangat diidam-idamkan banyak orang.

Kita semua pasti menginginkan tempat yang ramah dan nyaman untuk duduk, bersantai, serta makan di luar ruangan. Ruangan ini membutuhkan perencanaan yang sama baiknya dengan ide dapur luar ruangan. 

Baca juga: 5 Ide Mendekorasi Dinding Teras Rumah yang Estetik dan Unik

Memasang perabotan lembut yang ideal, pencahayaan, karpet yang tahan cuaca, paving yang sempurna, dan tanaman di sekitarnya yang membutuhkan sedikit atau tanpa perawatan, akan membebaskan waktu yang berharga untuk bersantai di luar ruangan, baik siang maupun malam.

Merencanakan dan menciptakan ruang tamu luar ruangan membutuhkan perhatian yang sama besarnya dengan bagian rumah lainnya.

Tentu saja, ada beberapa kesalahan mendesain ruang tamu luar ruangan yang harus dihindari demi mendapatkan tampilan yang diinginkan.  

Dikutip dari Ideal Home, (21/10/2023), berikut sejumlah kesalahan mendesain ruang tamu luar ruangan yang harus dihindari.  

Baca juga: 7 Tanaman Hias yang Cocok Ditanam di Teras Rumah

Mengabaikan tanaman dan pemandangan

Ilustrasi taman belakang rumah, halaman belakang rumah.SHUTTERSTOCK/JOANNE DALE Ilustrasi taman belakang rumah, halaman belakang rumah.
Memutuskan tempat menempatkan ruang tamu luar ruangan adalah salah satu proyek taman yang paling menarik direncanakan.

Namun, kesalahan mendasar yang harus dihindari adalah tidak mempertimbangkan apa yang sudah ada di sekitarnya.

Sangat mudah melupakan tanaman, batas, dan petak bunga yang sudah ada, dan tidak memperhatikan bagaimana ruang tamu luar ruangan yang baru akan cocok dengan bagian taman lainnya.

"Ada kecenderungan untuk fokus pada memaksimalkan ruang luar itu sendiri, tapi hal ini bisa menimbulkan masalah seperti tidak ada lagi ruang untuk memperbarui bagian lain dari taman Anda untuk menciptakan lanskap yang menakjubkan, begitu ruang tamu luar sudah ada," kata Sam Jenkinson, pakar taman di Tiger Sheds and Outbuildings. 

Saat memikirkan bagaimana merencanakan sebuah taman, luangkan banyak waktu membuat sketsa ide-ide Anda dengan mempertimbangkan semua fitur yang ingin Anda pertahankan. 

Baca juga: 7 Cara Mendekorasi Balkon Kecil agar Nyaman dan Menarik

Salah memilih lokasi 

Idealnya, ruang tamu luar ruangan mengalir dengan mulus dari dalam ruangan sehingga mudah berpindah di antara keduanya.

Namun, hal ini tidak selalu memungkinkan, terutama jika taman berada di lereng atau memiliki undakan. 

Selain itu, jika ruang tamu luar ruangan yang potensial menghadap ke timur atau utara, ruangan tersebut tidak akan mendapatkan manfaat dari sinar matahari pada sore hari dan akan terasa suram secara konstan. Ini merupakan kesalahan mendesain ruang tamu luar ruangan yang harus dihindari.

Victoria Hockley, penata taman dan pemilik Loving Gardens di Chobham, Surrey, mengatakan banyak orang tidak memperhitungkan di mana matahari terbit dan terbenam setiap hari sebelum memutuskan harus meletakkan tempat duduk serta elemen lain dari ruang terbuka. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com