Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/10/2023, 15:49 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber Livingetc


JAKARTA, KOMPAS.comRuang tamu menjadi area rumah yang perlu di dekorasi dengan benar karena ruangan ini menjadi area yang pertama dilihat saat masuk ke rumah.

Konsep dekorasi ruang tamu sangat beragam. Bahkan, setiap tahun tren dekorasi ruang tamu berubah mengikuti perkembangan zaman.

Anda bisa mendekorasi ruang tamu mengikuti tren agar terlihat estetik, modern, dan kekinian. Dilansir dari Livingetc, Sabtu (21/10/2023), berikut ini tren ruang tamu di tahun 2024 yang bisa Anda ikuti.

Baca juga: 6 Tren Ruang Tamu yang Populer di Tahun 2023 Menurut Ahli

Tampilkan gaya minimalis agar ruang tamu terlihat rapi

Konsep interior minimalis bisa membuat suasana ruangan lebih tenang dan santai. Ciri desain interior minimalis yaitu banyak menggunakan warna netral seperti putih.

Ilustrasi ruang tamu minimalis dengan nuansa warna beige.Shutterstock Ilustrasi ruang tamu minimalis dengan nuansa warna beige.

Semua elemen dekorasi menyatu, sehingga membuat ruangan lebih terang dan besar. Nina Magon, desainer yang berbasis di Houston, Amerika Serikat menyatakan bahwa desain minimalis akan semakin cantik jika dipadukan dengan perabotan dengan garis bersih dan tampilan ramping.

Ruangan minimalis tidak memiliki hiasan berlebihan, sehingga memberikan kesan ruangan lebih terbuka dan tenang. Ruang tamu minimalis cocok untuk keluarga kecil yang fokus pada kesederhanaan dan fungsionalitas.

Baca juga: 5 Tips Desain Ruang Tamu Minimalis yang Nyaman

Selain penggunaan furnitur, pencahayaan juga menjadi hal penting yang perlu diperhatikan saat mendekorasi ruangan minimalis. Pencahayaan akan membuat ruangan lebih terang dan luas.

Maka dari itu, sebaiknya jangan menggunakan tirai yang terlalu tebal karena bisa menghalangi masuknya cahaya dari luar rumah ke ruangan.

Furnitur apung untuk memberikan ilusi optik

Tren ruang tamu di tahun 2024 lainnya yaitu menggunakan furnitur apung agar memberikan ilusi optik.

Furnitur model melayang akan membuat ruangan terlihat lebih besar, langit-langit lebih tinggi, dan ruangan terlihat lebih elegan. Selain itu, penggunaan furnitur yang tepat akan membuat ruangan lebih terbuka dan luas.

Baca juga: 10 Tren Ruang Tamu Modern 2023, Furnitur Besar hingga Dinding Gelap

Penggunaan sofa pendek atau rendah

Model sofa ruang tamu sangat beragam dan berkembang terus menerus. Di tahun 2024 nanti, sofa pendek diprediksi akan menjadi tren.

Sofa ini bisa menciptakan ilusi dinding lebih banyak ruangan, sehingga membuat ruang tamu terasa lebih besar dan tenang.

Meski kecil dan pendek, sofa ini tetap berfungsi dengan baik. Bahkan, pemilihan sofa yang kecil bisa membuat mobilitas dalam ruangan lebih nyaman.

Menggunakan meja transparan dan meletakkan cermin

Menggunakan meja transparan dari kaca benih akan membuat ruangan terasa rapi dan besar. Selain itu, Anda juga bisa meletakkan cermin di ruang tamu agar ruangan terlihat lebih terang dan besar.

Baca juga: Tips Membersihkan Meja Kaca dari Noda Bintik Putih yang Membandel

Ilustrasi meja kaca di ruang tamuShutterstock/romakoma Ilustrasi meja kaca di ruang tamu

Artem Kropovinsky dari studio desain interior Arcsight di New York, mengatakan bahwa posisi cermin yang benar bisa membuat ruangan terlihat lebih besar, membantu memantulkan cahaya, dan menambah lapisan kedalaman pada ruangan.

Penggunaan karpet yang luas

Karpet besar yang memenuhi seluruh ruangan akan memberikan ilusi ruang tamu terlihat lebih besar. Selain ukuran, sebaiknya karpet yang digunakan juga memiliki tekstur harus dan warna terang.

Sebab, karpet yang gelap atau bermotif bisa membuat ruangan terasa lebih kecil. Tak hanya itu, karpet kecil yang saling tumpang tindih akan membuat ruangan terasa berantakan.

Baca juga: 6 Warna Karpet untuk Ruang Tamu, Apa Saja?

Itulah beberapa tren ruang tamu di tahun 2024 yang bisa Anda ikuti. Selain mengikuti tren, Anda juga bisa mendesain ruang tamu sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com