Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Tempat Meletakkan Jam Dinding di Ruang Tamu

Kompas.com - 11/10/2023, 20:15 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.comJam dinding merupakan salah satu elemen dekorasi yang membuat ruang tamu lebih menarik. Selain itu, jam dinding juga bisa menjadi pengingat waktu.

Namun, masih banyak diantara kita yang menempatkan jam dinding di area yang tidak tepat. Dilansir dari Home Decor Bliss, Rabu (11/10/2023), jam dinding sebaiknya ditempelkan di area yang mudah terlihat.

Sementara itu, menurut feng shui, jam dinding sebaiknya diletakkan menghadap ke utara, timur, atau timur laut. Selain arah, bentuk, ukuran, dan warna jam juga penting untuk diperhatikan.

Menurut feng shui, jam dinding berbentuk persegi dengan ukuran yang tidak terlalu besar, paling cocok untuk diletakkan di ruang tamu.

Baca juga: Aturan Meletakkan Jam Dinding di Rumah Menurut Feng Shui, Bawa Hoki

Selain itu, dalam feng shui warna jam juga akan menentukan area peletakannya. Jam dinding berwarna merah, ungu, atau oranye berkaitan dengan unsur api dan sebaiknya diletakkan di area selatan dalam ruangan tersebut.

Sedangkan area timur atau tenggara berkaitan dengan elemen kayu, sehingga warna jam dinding yang cocok berada di area tersebut yaitu jam dinding hijau. Untuk area barat dan utara, sebaiknya tidak digunakan untuk menggantung jam karena dipercaya bisa membawa kesialan.

Bagi Anda yang berencana menjadikan jam dinding sebagai hiasan ruang tamu, berikut beberapa tempat meletakkan jam dinding di ruang tamu dengan tepat.

Ilustrasi jam dinding di atas sofaShutterstock/united photo studio Ilustrasi jam dinding di atas sofa

Baca juga: Trik Menggantung Jam Dinding Tanpa Perlu Menancapkan Paku

Di atas sofa

Salah satu tempat di ruang tamu yang bisa digunakan untuk meletakkan jam dinding yaitu di atas sofa. Sebenarnya, menurut praktisi feng shui area ini sebaiknya tidak digunakan untuk meletakkan jam karena dapat menimbulkan kegelisahan.

Namun, jika Anda hanya berfokus pada desain interior ruangan, menempatkan jam dinding di atas sofa bisa memberikan daya tarik visual. Sebab, jam akan terlihat dari ambang pintu dan semua sudut ruangan.

Tapi perhatikan ukuran jam yang digantung. Pastikan jam tidak terlalu besar atau berat untuk menjaga keamanan orang-orang yang duduk di sofa tersebut.

Di atas meja atau rak

Selain di atas sofa, tempat meletakkan jam dinding di ruang tamu juga bisa di atas meja atau rak. Pada tempat ini, Anda bisa menempatkan jam dinding yang ukurannya cukup besar untuk menyeimbangkan dekorasi ruangan.

Baca juga: Simak, 4 Tips Menggantung Jam Dinding di Rumah

Anda juga bisa memilih jam yang strukturnya mencolok agar bisa meningkatkan daya tarik. Sementara itu, pemilihan warna bisa disesuaikan dengan ornamen dekorasi lainnya.

Menghadap pintu atau jendela

Tempat lain yang juga bisa dipilih untuk meletakkan jam dinding yaitu area menghadap pintu atau dinding. Area ini memungkinkan Anda untuk melihat jam dinding dari ambang pintu. Penempatan ini dipercaya bisa menyalurkan energi ke seluruh ruangan.

Itulah beberapa tempat meletakkan jam dinding di ruang tamu. Selain sebagai elemen dekorasi, jam dinding juga bisa meningkatkan energi dalam ruangan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com