Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/10/2023, 15:00 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber Livingetc


JAKARTA, KOMPAS.com – Ada banyak manfaat yang akan didapatkan saat Anda menanam tanaman di dalam rumah.

Selain membuat rumah lebih segar dan asri, tanaman juga membuat produktivitas meningkat dan membantu mengurangi stres.

Biasanya, tanaman dibudidayakan di luar rumah, baik di halaman depan atau belakang. Namun, ada beberapa jenis tanaman yang bisa tumbuh di dalam rumah, salah satunya tanaman herba seperti kemangi, seledri, dan mint.

Baca juga: 7 Tanaman Herba yang Cocok Ditanam di Pot, Apa Saja?

Akan tetapi, untuk menumbuhkan tanaman herba di dalam rumah, ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan. Dilansir dari Livingetc, Sabtu (19/10/2023), berikut ini tips menanam tanaman heba di dalam rumah.

Pilih tempat yang sesuai untuk pertumbuhan tanaman herba

Ilustrasi tanaman herbal di dalam ruangan.SHUTTERSTOCK/BLUEEYES Ilustrasi tanaman herbal di dalam ruangan.

Pemilihan tempat sangat mempengaruhi pertumbuhan tanaman heba. Idealnya, tanaman herba ditanam di area yang mendapatkan penyinaran matahari setidaknya 6 sampai 8 jam per hari.

Maka dari itu, tempat di dalam rumah yang cocok untuk menanam tanaman herba yaitu di dekat jendela.

Sara Ganatas dari Urban Garden New York mengatakan bahwa jendela dengan kusen berwarna cerah menjadi tempat yang bagus untuk menanam tanaman herba.

Baca juga: 10 Kesalahan yang Dilakukan Pemula Dalam Berkebun Tanaman Herba

Namun, saat matahari terlalu terik, Anda perlu menjauhkan tanaman dari kaca. Sementara itu, apabila rumah Anda tidak mendapatkan pencahayaan alami, maka tanaman herba bisa ditempatkan di dekat pencahayaan buatan seperti lampu.

Selain memperhatikan pencahayaan, tempat menanam juga harus memiliki suhu dan angin yang stabil agar tanaman tumbuh dengan maksimal dan bisa dipanen secara teratur.

Pilih wadah dan media tanam yang tepat

Tips menanam tanaman heba di dalam rumah lainnya yaitu memilih wadah dan kompos yang tepat. Jangan hanya memperhatikan tampilan pot atau wadah, tapi pastikan pot tersebut fungsional.

Pastikan menggunakan pot yang memiliki lubang drainase agar media tanam tidak tergenang saat penyiraman. Selain itu, perhatikan juga media tanam yang digunakan.

Baca juga: 5 Cara Menanam Kemangi di Dalam Pot, Mudah dan Banyak Manfaat

Sara menyarankan untuk menanam tanaman jeba dalam tanah organik berkualitas tinggi. Selain itu, tambahkan juga pupuk organik cair untuk meningkatkan kesuburan pada media tanam tersebut.

Gunakan pot terakota

Salah satu wadah tanam yang fungsional dan estetik yaitu pot terakota. Pot ini akan membuat tampilan rumah terlihat lebih alami.

Selain membuat tampilan rumah lebih cantik, pot terakota juga memiliki keunggulan lain seperti bisa menyerap kelembapan. Maka dari itu, cocok untuk menanam tanaman heba.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com