Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuat Tanaman Mint Tumbuh Rimbun dengan Stek Air

Kompas.com - 21/01/2021, 10:14 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Merawat tanaman bukan hanya persoalan menyiram dan memberikan pupuk saja, namun membuat tanaman ini tumbuh dengan subur, sehat, bahkan hingga bisa dibudidayakan.

Beberapa tanaman memiliki kemampuan atau mudah untuk diperbanyak, salah satunya mint.

Mengutip dari channel Youtube MGB Garden, Kamis (21/1/2021), mint dapat diperbanyak dengan berbagai cara salah satunya stek air. Stek air merupakan cara memperbanyak menggunakan media air di dalam wadah yang bening. Wadah bening dipilih untuk memudahkan melihat perkembangan akarnya.

Baca juga: Mengetahui Lebih Jelas tentang Tanaman Sukulen

Batang mint yang sehat

Untuk melakukan stek air ini, pertama pilih batang mint yang sehat, yakni yang memiliki ukuran besar dan memiliki warna merah serta kokoh.

Kemudian, potong beberapa batang mint tersebut sekitar 4 batang dan kemudian masukkan ke dalam wadah bening bersama dengan air keran yang diendapkan selama 2 hari.

Pengendapan ini untuk menghilangkan klorin yang terkandung di dalam air keran. Selain air keran, Anda bisa menggunakan air sumur dan air bekas tetesan AC.

Sebelum memasukkan ke dalam air, potong daun yang berada di bagian bawah setinggi air yang akan dimasukkannya. Hal ini dilakukan agar banyak akar baru yang tumbuh dan tanaman akan fokus ke pertumbuhannya, bukan memberikan nutrisi pada daun yang tua.

Baca juga: Kenapa Ada Bintil-bintil pada Daun Tanaman? Ini Penyebabnya

Setelahnya, letakkan mint di ambang jendela atau tempat yang tidak terpapar sinar matahari secara langsung namun memiliki sirkulasi udara yang baik dan terang. Hindari meletakkannya di tempat yang gelap, karena akan menghambat pertumbuhannya.

Penggantian air juga harus diperhatikan, yakni air harus diganti selama 2 hingga 3 hari sekali dan hindari mengganti air terlalu lama karena akan menimbulkan lumut.

Ganti media tanam

Jika sudah terlihat akar yang sudah tumbuh yakni sekitar di hari ke-17, selanjutnya mint harus dipindahkan ke dalam pot dengan media tanam tanah.

Pertama, siapkan pot kemudian letakkan tanah yang dicampur dengan kompos setengah dari pot tersebut. Lalu letakkan mint di dalam pot, lalu isi dengan media tanam lagi hingga terisi penuh. Jika sudah penuh, padatkan isinya, ratakan, lalu siram dengan air.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com