Kompas.com - 20/01/2021, 19:24 WIB
Ilustrasi jenis tanaman hias sukulen. UNSPLASH/SHEELAH BRENNANIlustrasi jenis tanaman hias sukulen.

JAKARTA, KOMPAS.com - Di tengah keramaian orang-orang dalam memiliki dan merawat tanaman hias yang beragam, seringkali terselip nama tanaman sukulen di antara jenis-jenis tanaman hias yang ada.

Mungkin istilah satu ini terasa tidak asing untuk kamu dengar. Tapi, seberapa tahukah kamu mengenai tanaman sukulen?

Jika kamu kurang mengerti atau tidak tahu sama sekali apa itu tanaman sukulen, pada artikel kali ini kita akan mempelajari lebih jauh.

Baca juga: 5 Tanaman yang Tidak Membutuhkan Banyak Air

Dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (20/1/2021), tanaman sukulen (succulent plant) adalah tanaman yang dapat menyimpan air di bagian-bagian yang berdaging tebal, seperti daun atau batang.

Tanaman sukulen bukanlah sebuah nama tanaman, melainkan sebuah klasifikasi pada sebuah tanaman yang berbagai macam jenis.

Kata sukulen atau succulent berasal dari kata Latin yang mana sucus memiliki arti 'jus', atau 'getah'.

Tanaman sukulen sering kali ditanam sebagai tanaman hias karena penampilannya yang mencolok dan tidak biasa, serta kemampuannya untuk tumbuh subur dengan perawatan yang relatif minim.

Baca juga: 8 Pupuk Organik Terbaik untuk Tanaman, Bisa Dibuat Sendiri di Rumah

Tanaman yang masuk ke dalam klasifikasi sukulen dapat tumbuh subur di lingkungan yang gersang dan umumnya toleran terhadap kekeringan.

Ada banyak jenis tanaman sukulen, sebut saja lidah buaya, lidah mertua, kaktus, burros tail, string of hearts, Jade plant atau tanaman giok, tanaman panda, zebra haworthia adalah beberapa jenis tanaman yang masuk ke dalam tanaman sukulen.

Beberapa tanaman sukulen, misalnya kaktus, menyimpan air hanya di batang, sedangkan yang lain misalnya agaves menyimpan air terutama di daun.

Kebanyakan sukulen memiliki sistem akar yang dalam atau luas dan berasal dari gurun atau daerah yang memiliki musim semi kering.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.