Kompas.com - 20/01/2021, 20:10 WIB
Ilustrasi kulkas. SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOTIlustrasi kulkas.

JAKARTA, KOMPAS.com - Meletakkan berbagai benda di atas kulkas menjadi solusi utama untuk penyimpanan di ruang terbatas.

Apalagi jika memiliki dapur dengan luasan yang tidak besar, cara ini mampu menyingkirkan barang-barang yang berantakan di atas meja dapur.

Namun, sebenarnya permukaan datar yang besar di atas kulkas dianjurkan hanya untuk meletakkan dekorasi, kotak, dan barang-barang yang kecil. Menggunakan ruang kosong di atas kulkas sebenarnya bukan ide yang disarankan.

Baca juga: Mengapa Kulkas Berbau? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Dilansir dari Hunker, Rabu (20/1/2021), jika memang terpaksa meletakkan barang di atas kulkas, gunakan alas tahan panas dan karet sebelum meletakkan barang. Hal ini akan mencegah barang berpindah-pindah saat kulkas terus dibuka dan ditutup.

Dapat menimbulkan masalah

Banyak lemari es memiliki peringatan untuk tidak menempatkan barang di atas dan di atas alat. Bacalah selalu petunjuk pabrikan sebelum memasang rak atau lemari di atas lemari es atau meletakkan benda besar dan besar di atas alat.

Yang harus diperhatikan adalah, meletakkan barang di atas lemari es dapat menimbulkan masalah energi.

Jika jumlah barang yang diletakkan di bagian atas lemari es jatuh di sepanjang sisi dan di bagian belakang alat. Ini bisa menjadi bahaya kebakaran yang serius.

Baca juga: Berapa Lama Makanan Bertahan di Kulkas yang Mati? Ini Penjelasannya

Jika kulkas berada di luar atau di ruangan yang lebih hangat seperti ruang tamu yang memiliki paparan sinar matahari atau bersuhu lebih hangat, maka meletakkan barang di atas lemari es bisa lebih bermasalah.

Kulkas yang diletakkan di luar area dapur apalagi di ruangan yang lebih hangat, akan bekerja lebih keras daripada kulkas yang diletakkan di area yang memiliki suhu lebih rendah.

Untuk itu, jika ingin meletakkan barang di atasnya, gunakan rak setidaknya memiliki ketebalan 3 inci. Hal ini agar dapat menambah ruang dan mengurangi bahaya kebakaran yang disebabkan oleh bahan yang mudah terbakar yang diletakkan di atas kulkas.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Hunker
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X