Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanda-tanda Kucing Akan Melahirkan dan yang Harus Anda Lakukan

Kompas.com - 20/01/2021, 15:34 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Apabila Anda memiliki kucing hamil dan tampaknya siap melahirkan, kemungkinan besar Anda tidak perlu melakukan apapun kecuali membantunya.

Bahkan, kerap kali saat Anda bangun di pagi hari, Anda telah melihat kucing sudah menyusi anak-anak kucingnya, kemungkinan lahir pada malam harinya.

Meskipun kucing memiliki cara untuk mengurus dirinya sendiri, Anda harus tahu cara mengenali potensi masalah dan apa yang mungkin perlu Anda lakukan untuk membantu kucing yang mau melahirkan.

Baca juga: Kenali Masa Hamil Kucing dan Tanda-tandanya

Dilansir dari The Spruce Pets, Rabu (20/1/2021), berikut beberapa tanda kucing mau melahirkan dan yang harus Anda lakukan untuk membantu. 

Tanda kucing mau melahirkan

Durasi lama kehamilan kucing kira-kira 60 hari. Jika Anda tidak yakin sejauh mana usia kehamilan kucing Anda, tinjau kembali tanda-tanda bahwa kelahiran akan segera terjadi.

Berikut beberapa tanda kucing akan melahirkan.

1. Bersarang

Satu atau dua hari sebelum persalinan, kucing akan mencari tempat yang tenang dan aman untuk melahirkan anak kucingnya. Dia mungkin memilih tempat yang Anda buat untuknya atau mencari tempat persembunyian di belakang lemari atau di bawah tempat tidur.

2. Perubahan perilaku

Anda mungkin memperhatikan kucing akan mulai bergerak dengan gelisah, terengah-engah, pembersihan berlebihan terutama di area alat kelaminnya, dan vokalisasi yang berlebihan. Dia juga akan berhenti makan.

Baca juga: Kucing Bisa Mengalami Hamil Palsu, Ini Tanda-tandanya

3. Perubahan fisik

Suhu tubuh rektal kucing Anda bisa turun hingga sekitar 37 derajat celsius dan mungkin muntah. Anda mungkin melihat perut kucing "turun" beberapa hari sebelum persalinan, dan puting kucing mungkin menjadi lebih besar, lebih gelap, atau lebih merah muda.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com