Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Pupuk Organik Terbaik untuk Tanaman, Bisa Dibuat Sendiri di Rumah

Kompas.com - Diperbarui 25/09/2021, 18:53 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain penyiraman dan cahaya matahari, tanaman juga membutuhkan nutrisi untuk memastikan pertumbuhan yang baik. Nutrisi dapat diberikan dengan pupuk.

Adapun pupuk untuk tanaman antara lain pupuk organik dan pupuk kimia. Banyak pandangan bahwa pupuk organik lebih baik untuk tanaman, lantaran tidak dibuat dari bahan-bahan kimia, melainkan dari sisa-sisa makhluk hidup.

Anda yang ingin memberikan pupuk pada tanaman, tidak perlu membeli di toko bahan-bahan tanaman. Sebab, Anda bisa membuat pupuk organik sendiri di rumah, beberapa di antaranya sangat mudah diperoleh.

Baca juga: Pupuk Organik Paling Baik untuk Tanaman, Ini Penjelasannya

Dilansir dari Farmer's Almanac, Sabtu (25/9/2021), berikut beberapa pupuk organik terbaik untuk tanaman yang bisa dibuat sendiri di rumah.

Ilustrasi potongan rumput yang bisa dijadikan pupuk organik. SHUTTERSTOCK/IFARITOVNA Ilustrasi potongan rumput yang bisa dijadikan pupuk organik.

1. Potongan rumput

Jika Anda memiliki halaman dengan rumput, pastikan untuk mengumpulkan potongan rumput untuk digunakan di kebun.

Setengah hingga satu inci potongan rumput bisa menjadi mulsa pemblokir gulma yang bagus, dan kaya akan nitrogen, yang merupakan nutrisi penting bagi tanaman.

2. Gulma

Sama seperti potongan rumput, banyak gulma yang ditemukan di kebun sangat tinggi nitrogen dan akan menjadi pupuk yang sangat baik.

Baca juga: Cara Alami Membasmi Gulma di Halaman Rumah, Pakai Garam

Masalahnya adalah, setelah Anda mencabut gulma, Anda pasti tidak ingin menanamnya kembali di kebun karena benih apa pun akan bertunas dan menghasilkan gulma baru.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com