Kompas.com - Diperbarui 25/09/2021, 18:53 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain penyiraman dan cahaya matahari, tanaman juga membutuhkan nutrisi untuk memastikan pertumbuhan yang baik. Nutrisi dapat diberikan dengan pupuk.

Adapun pupuk untuk tanaman antara lain pupuk organik dan pupuk kimia. Banyak pandangan bahwa pupuk organik lebih baik untuk tanaman, lantaran tidak dibuat dari bahan-bahan kimia, melainkan dari sisa-sisa makhluk hidup.

Anda yang ingin memberikan pupuk pada tanaman, tidak perlu membeli di toko bahan-bahan tanaman. Sebab, Anda bisa membuat pupuk organik sendiri di rumah, beberapa di antaranya sangat mudah diperoleh.

Baca juga: Pupuk Organik Paling Baik untuk Tanaman, Ini Penjelasannya

Dilansir dari Farmer's Almanac, Sabtu (25/9/2021), berikut beberapa pupuk organik terbaik untuk tanaman yang bisa dibuat sendiri di rumah.

Ilustrasi potongan rumput yang bisa dijadikan pupuk organik. SHUTTERSTOCK/IFARITOVNA Ilustrasi potongan rumput yang bisa dijadikan pupuk organik.

1. Potongan rumput

Jika Anda memiliki halaman dengan rumput, pastikan untuk mengumpulkan potongan rumput untuk digunakan di kebun.

Setengah hingga satu inci potongan rumput bisa menjadi mulsa pemblokir gulma yang bagus, dan kaya akan nitrogen, yang merupakan nutrisi penting bagi tanaman.

2. Gulma

Sama seperti potongan rumput, banyak gulma yang ditemukan di kebun sangat tinggi nitrogen dan akan menjadi pupuk yang sangat baik.

Baca juga: Cara Alami Membasmi Gulma di Halaman Rumah, Pakai Garam

Masalahnya adalah, setelah Anda mencabut gulma, Anda pasti tidak ingin menanamnya kembali di kebun karena benih apa pun akan bertunas dan menghasilkan gulma baru.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.