Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cangkang Telur Bisa Jadi Pupuk Tanaman, Begini Cara Menggunakannya

Kompas.com - 21/12/2020, 11:07 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Gardenista

JAKARTA, KOMPAS.com - Merawat tanaman hias berarti juga harus memperhatikan nutrisi yang dibutuhkan tanaman. Tanpa nutrisi tersebut, tentu saja pertumbuhan dan kehidupan tanaman akan terganggu.

Beberapa zat nutrisi penting yang dibutuhkan tanaman antara lain nitrogen, fosfor, dan potassium. Meskipun demikian, jangan lupa bahwa tanaman juga membutuhkan kalsium.

Nutrisi untuk tanaman tidak hanya diperoleh dari pupuk kimia, namun juga dari bahan-bahan alami. Bahkan, beberapa bahan di dapur Anda merupakan nutrisi yang bagus bagi tanaman.

Baca juga: Pupuk Organik Paling Baik untuk Tanaman, Ini Penjelasannya

Untuk memenuhi kebutuhan kalsium pada tanaman, Anda bisa menggunakan sampah dapur yang kerap ditemui di rumah, yakni cangkang telur. Sebab, cangkang telur menganduny kalsium karbonat.

Dilansir dari Gardenista, Senin (21/12/2020), cangkang telur adalah sarana yang bagus untuk memperkenalkan kalsium bagi tanaman.

Untuk menggunakan cangkang telur sebagai pupuk tanaman, hal pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan beberapa buah cangkang telur. Kemudian, giling dengan mixer, penggiling, atau lesung dan alu.

Selanjutnya, taburkan cangkang telur yang telah digiling tersebut ke permukaan atas tanah tanaman. Ingat pula bahwa cangkang telur membutuhkan waktu beberapa bulan untuk terurai dan diserap oleh akar tanaman.

Baca juga: Kotoran Unggas Paling Bagus untuk Pupuk, Ini Penjelasannya

Cangkang telur yang dicampur dengan bahan-bahan organik lainnya juga bisa menjadi media tanam membantu tanaman yang baru ditanam dapat tumbuh subur.

Caranya, cukup campurkan cangkang telur yang telah dihancurkan dengan bahan organik lainnya.

Cangkang telur juga bisa dicampurkan dengan ampas kopi untuk memberikan nutrisi bagi tanaman Anda. Sebab, cangkang telur mampu membantu mengurangi keasaman tanah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com