Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 16/05/2023, 16:01 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Remote AC adalah perangkat paling penting untuk bisa menyalakan atau mematikan AC, sekaligus mengatur suhu dan beragam fitur yang ada pada AC dari berbagai jenis dan merek.

Sebuah AC yang dipasang di tembok ruangan rumah manapun tidak akan pernah berfungsi atau berguna tanpa adanya remote AC, sehingga benda satu itu sangat 'berharga'.

Namun tak jarang, remote AC yang digunakan malah tidak bisa berfungsi atau AC tidak bisa diremote. Jika kamu mengalaminya maka jangan panik, karena ada beberapa alasan yang melandasinya.

Ilustrasi AC atau pendingin ruangan.SHUTTERSTOCK/BUTSAYA Ilustrasi AC atau pendingin ruangan.

Baca juga: Simak, Tips Membersihkan AC di Tengah Pandemi

Dirangkum dari beberapa sumber, terdapat berbagai hal yang menyebabkan remote AC tidak berfungsi atau AC tidak bisa diatur dengan remote, berikut di antaranya.

1. Baterai remote AC habis

Ini menjadi sebuah hal yang terkadang orang lupa untuk mengetahuinya. Tidak sedikit orang lupa atau bahkan tak mengetahui kalau sebuah remote AC menggunakan baterai sebagai daya.

Saat daya baterainya habis, maka remote AC tidak akan pernah bisa digunakan. Ciri baterai yang sudah habis adalah, layar pada remote AC mulai meredup atau tidak menunjukkan gambar seperti biasa.

Jadi apabila remote AC tidak bisa berfungsi atau AC tidak bisa dioperasikan dengan remote, maka hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah memeriksa baterainya.

Baca juga: 10 Penyebab AC Bocor yang Perlu Diketahui

Setelah diganti baterai, tekan tombol remote AC untuk melihat apakah LED menyala atau tidak, dengan cara memakai kamera ponsel atau kamera digital. Jika lampu LED menyala, kondisi remote dalam keadaan normal.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com