Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Kulkas Berbau? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 19/01/2021, 07:06 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Kulkas merupakan benda untuk menyimpan makanan agar lebih awet, namun terkadang beberapa waktu ada kulkas yang mengeluarkan bau yang tak sedap.

Bau ini biasanya akan melekat untuk waktu beberapa lama.

Dilansir dari Hunker, Selasa (19/1/2021), sayuran yang layu atau membusuk dapat mengeluarkan cairan bening yang tampaknya bukan masalah besar, namun sebenarnya bisa mengeluarkan aroma yang sangat kuat dan tidak sedap.

Baca juga: Berapa Lama Makanan Bertahan di Kulkas yang Mati? Ini Penjelasannya

Penyebab lainnya adalah ketika kulkas dibuka terlalu lama, udara dari luar kulkas masuk dan menyebabkan makanan cepat busuk dan mengeluarkan bau tak sedap.

Lantas, bagaimana cara membersihkan kulkas yang berbau tak sedap? Air hangat dengan seperempat cangkir pemutih dapat digunakan untuk membersihkan sebagian besar kulkas ukuran sedang hingga besar.

Caranya, campurkan satu cangkir cuka dengan tiga cangkir air dengan sedikit sabun cuci piring dapat menghilangkan bau tak sedap di dalam kulkas.

Kedua ramuan ini juga bisa mencegah jamur masuk ke dalam kulkas dalam waktu dekat, jika tidak meninggalkan sisa bahan makanan terlalu lama.

Baca juga: Telur hingga Cokelat, Jangan Masukkan Bahan Makanan Ini ke Kulkas

Mulai membersihkan kulkas

Untuk mencegah bau tak sedap muncul lagi, pembersihan secara berkala perlu dilakukan. Pertama, matikan kulkas lalu keluarkan semua rak, nampan es batu, dan semuanya kemudian cuci secara terpisah di wastafel menggunakan air panas dan sabun cuci piring.

Setelah dicuci, bersihkan rak dan barang-barang dari freezer menggunakan air pemutih yang dibuat dari 1 sendok makan pemutih klorin tanpa pewangi dan air. Kemudian bilas dan keringkan semua barang dengan handuk bersih.

Bersihkan freezer

Setelah membersihkan rak hal selanjutnya adalah membersihkan bagian dalam freezer dengan kain basah. Letakkan kain basah di atas tumpahan yang menempel selama beberapa menit untuk melonggarkannya.

Setelah menghilangkan tumpahan, bersihkan bagian dalam freezer dengan campuran air hangat dan soda kue yang dicampur dengan perbandingan 2 sendok makan.

Halaman:
Sumber Hunker
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com