Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/01/2021, 14:05 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Fungsi utama kulkas atau lemari es adalah menyimpan bahan makanan untuk tetap awet dan segar.

Namun, terkadang suhu di dalam kulkas bisa menjadi tidak konsisten dari waktu ke waktu dan juga berfluktuasi dari satu tempat ke tempat lainnya.  Dan ini bisa memengaruhi kualitas dan umur panjang makanan di dalam kulkas.

Dilansir dari Real Simple, Sabtu (16/1/2021), tempat terburuk untuk perubahan suhu adalah pintu kulkas karena itu adalah tempat terhangat di dalam kulkas.

 

Baca juga: Kenali 9 Tanda Kulkas Harus Segera Diganti

Setiap kali kulkas dibuka, tempat paling berrisiko terpapar suhu ruangan atau di luar kulkas adalah di pintunya sehingga suhu yang lebih hangat dan fluktuasi suhu yang sering dapat membuat makanan berisiko rusak, terutama susu dan krim.

Untuk itu, makanan yang bisa diletakkan di bagian pintu kulkas adalah makanan yang tidak mudah busuk seperti saus tomat, mustard, kecap, saus salad, jeli, selai, dan sebagainya. Makanan tersebut tidak mudah rusak walaupun di saat suhu berubah-ubah.

Agar susu tahan lama di kulkas

Agar susu masih tetap segar saat dibawa ke rumah, saat berbelanja, jadikan susu produk terakhir yang dibelanjakan.

Dengan cara ini, waktu terpapar susu ke udara yang lebih hangat lebih sedikit dan kemungkinan kecilnya pertumbuhan bakteri yang berbahaya akan berkurang. Berikut tips untuk menyimpan susu di dalam kulkas. 

Baca juga: 9 Makanan yang Tidak Boleh Disimpan di Kulkas

  •  Simpan susu pada suhu terbaik di dalam kulkas, yaitu sekitar 2,7 derajat celsius. Semakin dekat suhu makanan ke 4,4 derajat celsius, semakin besar kemungkinan bakteri berbahaya akan mulai tumbuh dan berkembang biak.
  • Simpan susu di bagian belakang rak di bagian bawah lemari es. Di situlah suhu terdingin ada di kulkas, yang merupakan tempat ideal untuk susu.
  • Segera simpan susu di lemari es. Jangan tinggalkan di atas meja dapur setelah digunakan.
  • Segera tutup pintu kulkas setelah membukanya, sebab membuka kulkas terlalu lama akan membuat suhu kulkas tidak stabil.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com