Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Bahan-bahan Makanan yang Tak Boleh Disimpan di Kulkas

Kompas.com - 17/12/2020, 13:07 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Bobvila

JAKARTA, KOMPAS.com - Kulkas menjadi salah satu barang elektronik rumah tangga yang kehadirannya saat ini seolah sangat dibutuhkan di rumah seseorang.

Kamu pasti sudah tahu bahwa kulkas adalah barang yang bagus yang memiliki fungsi untuk menyimpan sisa makanan dan produk minuman.

Tapi, kamu mungkin tidak tahu bahwa beberapa makanan benar-benar rusak jika disimpan pada suhu dingin di kulkas.

Baca juga: Bolehkah Menyimpan Barang di Atas Kulkas?

Dilansir dari Bob Vila, Kamis, (17/12/2020), berikut beberapa bahan makanan yang tidak boleh dimasukkan ke dalam kulkas.

1. Melon atau semangka yang belum dipotong

Mendinginkan melon atau semangka utuh menghabiskan terlalu banyak ruang di kulkas. Lebih penting lagi, menyimpan buah-buahan besar ini di kulkas akan menghentikan proses pematangan, yang berarti mereka tidak akan sedap jika disimpan pada suhu biasa.

Suhu dingin juga mengurangi antioksidan sehat yang ditemukan dalam melon. Simpan buah-buahan ini di atas meja sampai siap untuk dimakan.

Jika kamu memiliki sisa melon, simpan dalam wadah kedap udara dan baru letakkan di kulkas hingga tiga hari.

Baca juga: Kenapa Ada Bunga Es di Kulkas? Kenali 4 Penyebabnya

2. Kentang mentah

Jangan meletakkan sekantong kentang mentah yang habis dikupas ke dalam laci kulkas. Temperatur yang dingin mengubah karbohidrat kompleks bertepung yang ditemukan dalam kentang mentah, memberi mereka rasa manis dan rasa di mulut saat dimasak.

Untuk rasa dan tekstur terbaik, simpan kentang mentah dalam keranjang atau laci yang berventilasi baik, jauh dari sinar matahari langsung.

3. Madu

Karena kandungan gulanya yang tinggi, madu alami, tidak perlu didinginkan. Faktanya, memasukkan madu ke dalam kulkas hampir menjaminmu tidak akan bisa memeras kebaikannya.

Saat didinginkan, madu mengeras dan mengkristal, jadi simpan di rak di dapurmu. Jika kamu sudah membuat kesalahan dengan mendinginkannya, jangan membuangnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com