Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bersihkan Noda Keramik Kamar Mandi dengan Bahan Ini

Kompas.com - 17/12/2020, 12:19 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Real Homes

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain menjadi area yang sering digunakan, kamar mandi juga memiliki ruangan yang memiliki kelembaban yang paling tinggi di antara ruangan lainnya di dalam rumah.

Untuk itu, diperlukan membersihkan kamar mandi secara menyeluruh dan berkala untuk menghindari bakteri dan kuman yang bersarang.

Menyeka dinding setelah mandi dengan kain bersih dan kering dapat membantu menghilangkan kotoran dan jamur. Perhatikan sudut-sudut kamar mandi, serta bagian bawah dinding, untuk menghindari penumpukan air. 

Baca juga: Ragam Warna Cat yang Bikin Kamar Mandi Kecil Jadi Tampak Luas

Dilansir dari Real Homes, Kamis (17/12/2020), sebelum membersihkan keramik kamar mandi, penting untuk memeriksa jenis keramik yang dibersihkan untuk memastikan tidak menyebabkan kerusakan.

Keramik dan porselen mudah dibersihkan dengan sebagian besar produk dan larutan pembersih. Sedangkan marmer dapat lebih mudah rusak oleh asam lemon, cuka, dan kain pembersih abrasif.

Jadi, Anda harus berhati-hati dengan jenis pembersih yang digunakan.

Untuk membersihkan keramik jenis marmer, air dan kain serat mikro lembut bisa menjadi solusi. Bersihkan marmer dengan lembut, untuk menghindari kelecetan pada permukaan marmer.

Baca juga: Kenapa Dekorasi Kamar Mandi Serba Putih Sangat Populer dan Digemari?

Jika kotoran sudah menumpuk, encerkan sabun cuci piring yang lembut dengan air hangat dan gunakan kain lembut untuk membersihkannya.

Selain itu, Anda bisa menghilangkan noda dengan menutupi noda dengan pasta yang terbuat dari soda kue, dan air, kemudian biarkan tertutup plastik selama 24 jam.

Gunakan kain lembab untuk menyeka larutan dan ulangi jika noda masih ada.

Gunakan lemon

Lemon dapat membersihkan keramik dengan sangat baik karena memiliki sifat asam di dalamnya. Caranya isi botol semprotan dengan lemon dan semprotkan ke keramik kemudian seka bersih dengan kain atau spons basah.

Cara lainnya Anda bisa merendam kain ke dalam air dengan campuran lemon dan bersihkan keramik menggunakan kain tersebut.

Halaman:
Sumber Real Homes
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com