Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Mendekorasi Balkon Kecil agar Nyaman dan Menarik

Kompas.com - 21/07/2023, 16:28 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber All Modern

JAKARTA, KOMPAS.com - Balkon dapat dimanfaatkan untuk bersantai, menikmati suasana luar ruangan, dan menghabiskan waktu bersama keluarga.

Untuk menata balkon kecil, penting memanfaatkan ruang. Dengan menambahkan furnitur dan dekorasi yang sesuai, Anda dapat menciptakan balkon yang nyaman dan menarik. 

Dikutip dari All Modern, Jumat (21/7/2023), berikut sejumlah cara mendekorasi balkon kecil.

Baca juga: 4 Ide Mendekorasi Balkon Rumah yang Menarik dan Mengundang

Tanaman

Jika menyukai tanaman, tapi tidak ingin menghabiskan ruang di lantai dengan pot, cobalah memanfaatkan ruang vertikal dengan menambahkan pot gantung.

Untuk balkon dengan tampilan cantik sepanjang tahun, tambahkan tanaman sukulen palsu. Jika memilih tanaman hidup, ingatlah menggunakan pot dengan lubang drainase.

Apabila balkon memiliki cukup ruang, Anda dapat menempatkan pot tanaman di sepanjang pagar.

Baca juga: 6 Tanaman Hias Terbaik untuk Balkon Rumah

Memaksimalkan ruang

Untuk memaksimalkan ruang, Anda dapat mencoba menambahkan furnitur yang berbeda. Pilihlah garden stool yang tahan air alih-alih meja kopi atau meja aksen. 

Meja nesting juga bisa menjadi pilihan bagus untuk menyediakan permukaan tambahan. Meja yang lebih kecil dapat disusun dengan rapi di bawah meja yang lebih besar sehingga tidak memakan tempat.

Memperbarui ubin

Memperbarui lantai adalah cara bagus mempercantik balkon. Pilih ubin dengan motif geometris untuk menghadirkan tampilan modern atau ubin Maroko yang unik.

Jika tinggal di rumah sewaan, Anda dapat memilih ubin yang dapat dilepas dan dipasang untuk pembaruan cepat. 

Jika ubin lantai baru tidak menjadi pilihan ide balkon Anda, coba menambahkan karpet. Ini adalah pembaruan cepat yang akan menambah kenyamanan balkon. Anda dapat memilih karpet khusus untuk luar ruangan.

Baca juga: 6 Cara Mendekorasi Ruangan dengan Gaya Maroko

Portabel

Untuk cara mudah, cobalah menambahkan dua pouf dan satu nampan. Pouf dan nampan akan mudah dipindahkan.

Anda dapat membawa ketiganya ke luar dan bersantai, lalu memasukkannya kembali ke ruangan untuk memberi ruang bagi lebih banyak orang di balkon.

Tambahkan hammock

Untuk menciptakan balkon yang nyaman untuk bersantai tanpa harus membeli furnitur baru, pasanglah hammock. Tambahkan beberapa bantal untuk membuatnya tempat bersantai yang nyaman.

Saat memasang hammock, pertimbangkan pula menggantungkan lampu. String light sangat bagus untuk mengelilingi pagar balkon.

Baca juga: 4 Ide Kreatif Menggantung Hammock di dalam Rumah

Menghemat ruang

Area tempat duduk kecil adalah hal penting untuk mengoptimalkan balkon kecil. Pilihlah satu set kursi santai dan meja samping alih-alih satu set kursi teras guna menciptakan ruang untuk menikmati minuman favorit.

Tambahkan meja dan kursi

Jika ingin menggunakan balkon sebagai area makan di tempat terbuka, tambahkan satu set meja outdoor atau meja bistro.

Peralatan ini memakan sedikit ruang karena lebih kecil dari set furnitur teras atau halaman belakang. Sebaiknya, atur tempat duduk untuk dua sampai tiga orang agar lebih leluasa. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com